dari Palestina sampai Indonesia

Kelompok pro-Taliban gencatan senjata dengan pemerintah Pakistan demi hukum syariat Islam

Posted in pakistan by nurray on 28/03/2009
Lembah Swat, Pakistan

Lembah Swat, Pakistan

Kelompok pro-Taliban, Tahrik-e-Nifaz Shariat Muhammadi ( TNSM ), di lembah Swat ( Pakistan barat laut ) mengumumkan gencatan senjata selama 10 hari dengan pemerintah Pakistan, Senin ( 16/2/2009 ) setelah pertempuran panjang sejak November 2007. Gencatan senjata diumumkan di tengah perundingan damai antara pemerintah regional NWFP dan Maulana Sufi Muhammad, pemimpin TNSM, kelompok yang bertujuan menerapkan hukum Islam di Swat.

Maulana Sufi Muhammad, pemimpin kelompok pro-Taliban, TNSM

Maulana Sufi Muhammad, pemimpin kelompok pro-Taliban, TNSM

Sebagian besar lembah Swat, yang dulu salah satu tujuan wisata paling populer di Pakistan, kini dikuasai Taliban. Lebih seribu warga sipil tewas dan ribuan lainnya meninggalkan kediamannya selama bentrokan berdarah di sana. Militer hanya menguasai sebagian ibukota lembah, Mingora. Sufi Muhammad ( dibebaskan tahun lalu setelah dipenjara 8 tahun karena melawan invasi Amerika Serikat/ AS tahun 2001 ) mengirimkan 5 delegasi untuk bertemu dengan menteri besar provinsi NWFP di ibukota Peshawar untuk membuat keputusan akhir dan menandatangani kesepakatan tsb.

Kesempatan damai sempat tertunda 2 bulan karena dihalangi Presiden Pakistan, Asif Ali Zardari. Taliban menciptakan sistem peradilan Islam sendiri. Mereka menutup sekolah dan melarang pendidikan bagi puluhan ribu anak-anak. Zardari dalam wawancara dengan jaringan teve AS, mengatakan Taliban sudah berada di sebagian besar wilayah Pakistan, dan menegaskan pertempurannya dengan Taliban bukan karena diperintah AS, tapi upaya untuk mempertahankan Pakistan.

Insinyur Cina, Long Xiaowei, yang ditangkap Agustus lalu di daerah Dir dengan rekannya, tiba di Kedutaan Besar Cina di Islamabad, Minggu ( 15/2/2009 ) dalam keadaan sehat. Rekannya membebaskan diri bulan Oktober, kata Taliban. ( Al Jazeera/BBC/PR 17/2/2009 )

Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: