dari Palestina sampai Indonesia

Konvoi bantuan medis Inggris untuk warga Gaza dilempari batu oleh anak2 Mesir yang anti Hamas.

Posted in palestina by nurray on 28/03/2009
George Galloway, anggota parlemen Inggris

George Galloway, anggota parlemen Inggris

Konvoi bantuan medis Inggris untuk warga Palestina di Jalur Gaza dilempari batu oleh anak-anak serta dicorat-coret dengan kata-kata kotor dan slogan anti Hamas. Sejumlah orang luka. Konvoi bermotokan “Hidup Palestina” dipimpin George Galloway, anggota parlemen dari Inggris. Galloway sebelumnya menuding Presiden Mesir Hosni Mubarak sebagai penjahat internasional karena perbatasan Rafah tidak dibuka secara permanen.

Sejumlah kelompok oposisi yang berkampanye agar perbatasan Gaza-Mesir dibuka, membatalkan rencana Galloway menemui utusan partai Mubarak, Partai Demokratik Nasional. Rencana silaturahmi Galloway-PDN itu juga dikritik blogger oposisi terkemuka Mesir, Hossam el-Hamalawy,”Saya dan aktivis solidaritas Palestina yang lain, dengan tulus menginginkan Galloway menikmati waktunya beramah tamah dengan orang yg sama dengan yg memenjarakan, menganiaya, dan melecehkan aktivis solidaritas Arab.” ( lusinan anggota kelompok oposisi yg berunjuk rasa menentang invasi Israel ke Jalur Gaza, Des’2008 – Jan’2009 ditahan pemerintah Mesir ).

Hosni Mubarak, presiden Mesir sejak Anwar Sadat terbunuh tahun 1981

Hosni Mubarak, presiden Mesir sejak Anwar Sadat terbunuh tahun 1981

Konvoi Galloway terdiri 110 kendaraan melintasi Eropa dan Afrika Utara, membawa bantuan kesehatan senilai 1,4 juta USD. Pejabat Mesir menyatakan, mereka mengizinkan bantuan medis masuk melintasi Rafah. Bantuan non medis, seperti makanan, mesti lewat perbatasan Israel. Belum lama ini, Mesir membuka perbatasan Rafah bagi masuknya bantuan medis dan membiarkan sejumlah orang Palestina yang terluka untuk berobat. Sehari sebelumnya, 10 truk Libya membawa obat-obatan diizinkan masuk ke Gaza. Hingga berita ini diturunkan, George Galloway masih bernegosiasi dengan pemerintah Mesir. ( Al Jazeera/ PR, 10/3/2009 )

Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: