dari Palestina sampai Indonesia

Pemenang Pemilu Israel 2009.

Posted in palestina by nurray on 28/03/2009

Pemilu Israel aneh. Tanpa ragu dan risih menjadikan nyawa rakyat Palestina bahan kampanye para kandidat, juga tumbal kemenangan setelah pemerintahan baru terbentuk. Seperti serangan 22 hari ke Gaza mulai 27 Desember 2008 lalu, trio Livni-Netanyahu-Barak berlomba menjadikan serangan brutal ( yang menewaskan lebih 1300 nyawa warga Palestina ) itu sebagai kampanye merebut simpati rakyat Israel.

Siapapun yang memenangi pemilu Israel hasilnya sama ; agresi, pendudukan dan pembantaian masal. Perdamaian hanya taktik untuk memperluas pencaplokan wilayah berikutnya dengan mengecoh perhatian internasional. Tak bermakna apapun bagi warga Palestina.

Tzipi Livni, menlu Israel, ketua partai Kadima, pemenang pemilu Israel 2009

Tzipi Livni, menlu Israel, ketua partai Kadima, pemenang pemilu Israel 2009

Tzipi Livni, Menlu Israel, Ketua partai Kadima, pemenang pemilu Israel 2009 ( 28 kursi di Knesset/ parlemen ), sebelumnya adalah agen intelijen Mossad. Visi Mossad mempengaruhi tindakan politisnya yang lebih mengutamakan keamanan wilayah.

Benyamin Netanyahu, calon PM Israel, ketua partai Likud

Benyamin Netanyahu, calon PM Israel, ketua partai Likud

Benyamin Netanyahu, ketua partai Likud, mantan PM Israel 1996-1999 ( 27 kursi ), runner up pemilu 2009 yang dipilih presiden Israel Shimon Peres menjadi PM Israel, adalah penentang keras deklarasi Oslo 1994 yang memberi otonomi pada Palestina. Ia bersikap sinis pada ‘Peta Jalan Damai/ Road Map’ yang diupayakan kuartet PBB ( AS, Uni Eropa, Uni Eropa dan Rusia ) dan mendukung pembangunan tembok pembatas ( yang memenjarakan pemukiman Palestina ). Netanyahu selama menjadi PM, membuat terowongan bawah tanah antara Tembok Ratapan dan Kubah Karang ( Dome of the Rock ) yang menelan korban ratusan jiwa, sekaligus menurunkan popularitas Netanyahu hingga ia digantikan Ehud Barak.

Avigdor Lieberman, ultranasionalis, ketua partai Yisrael Beiteinu

Avigdor Lieberman, ultranasionalis, ketua partai Yisrael Beiteinu

Avigdor Lieberman, ketua partai Yisrael Beiteinu ( 15 kursi ), pemenang ketiga pemilu, adalah migran Rusia yang baru-baru ini menjadi warga Israel. Figur berhaluan ultranasionalis yang tak menginginkan negara Palestina berada di perbatasan terluar Israel. Bahkan, ingin menyingkirkan warga negara Israel etnis Arab, karena dicurigai memendam kesetiaan ganda.

Ehud Barak, menhan Israel, ketua partai Buruh

Ehud Barak, menhan Israel, ketua partai Buruh

Ehud Barak, ketua partai Buruh, Menhan Israel, mantan PM Israel 1999-2001, pemenang keempat pemilu, adalah jenderal Angkatan Darat garis keras, mitra terdekat mendiang Ariel Sharon dalam setiap agresi ke Palestina dan Lebanon ( 1982 ). Gabungan partai Arab Israel memperoleh 11 kursi, yaitu Arab Hadash ( 4 ), Arab United List ( 4 ), Arab Balad ( 3 ). Anggotanya, mereka yang sudah menjadi warga Israel sejak 1948 ( mungkin 4 desa yang dulu mengibarkan bendera putih saat perampasan tanah Palestina_nur ). ( H.Usep Romli HM, PR 17/2/2009 )

Iklan
Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: