dari Palestina sampai Indonesia

Pemimpin oposisi bersatu dengan ketua MA, Pakistan melawan tekanan Barat.

Posted in pakistan by nurray on 28/03/2009
Iftikhar Chaudhry, Ketua MA Pakistan

Iftikhar Chaudhry, Ketua MA Pakistan

Chaudhry dipecat mantan militer berkuasa Pervez Musharraf, 3 November 2007 bersama 60 hakim lainnya. 53 diantaranya sudah dipulihkan. Pervez memecat karena khawatir para hakim itu membocorkan Pervez tidak memenuhi syarat ikut pilpres karena masih menjabat militer. Pemerintah mengenakan Nawaz Sharif sebagai tahanan rumah selama 3 hari. Sharif menuding tindakan itu ilegal dan keluar dari rumahnya untuk memimpin unjuk rasa.

Presiden Pakistan, Asif Ali Zardari, suami mendiang Benazir Bhutto.

Presiden Pakistan, Asif Ali Zardari, suami mendiang Benazir Bhutto.

Presiden Pakistan, Asif Ali Zardari ditekan Barat untuk mengendalikan gejolak dengan Syarif, yang mengimbau massa menentang pemerintah dan menuntut para hakim yang dipecat dalam kondisi darurat negara segera dipulihkan. PM Pakistan, Yusuf Raza Gilani, Senin ( 16/3 ), mengatakan Iftikhar Chaudhry, akan dipulihkan jabatannya sebagai Ketua Makamah Agung Pakistan pada 21 Maret nanti, juga seluruh hakim yang dipecat, dalam sebuah tayangan teve yang ditujukan pada bangsa Pakistan.

Yusuf Raza Gilani, PM Pakistan

Yusuf Raza Gilani, PM Pakistan

Gilani mengubah sikap keras pemerintah menjadi lebih kooperatif demi meredakan protes sejak krisis 3 pekan lalu. Ia memerintahkan semua pengacara dan aktivis politik yang ditangkap minggu lalu segera dibebaskan dan mencabut larangan masyarakat untuk berdemo.

Nawaz Sharif, pemimpin oposisi Pakistan

Nawaz Sharif, pemimpin oposisi Pakistan

Pimpinan oposisi Pakistan, Nawaz Sharif menyambut baik tindakan pemerintah dan meminta massa pengunjuk rasa segera mengakhiri aksi yang dikhawatirkan akan berbuntut kerusuhan dan kekerasan. Juru bicara Chaudhry, Athar Minullah mengingatkan,”Ada banyak janji pada masa lalu yang tidak ditepati. Sebagian besar membuat ketidakpercayaan. Kami harus melihat notifikasi resminya.” ( AFP/Al Jazeera/PR 17/3/2009 ).

Iklan
Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: