dari Palestina sampai Indonesia

Venezuela, musuh AS, menawari Rusia, pulau untuk pangkalan pesawat pengebom strategis jarak jauh.

Posted in internasional by nurray on 28/03/2009
Pesawat pengebom

Pesawat pengebom

Venezuela menawari Rusia, pulau La Orchilla, untuk pangkalan sementara pesawat pengebom strategis Rusia yang mampu terbang jarak jauh. Rusia terlihat sangat berminat berhubungan dengan musuh AS di wilayah Barat, untuk melawan pengaruh Amerika di bekas negara2 komunis di Eropa Timur dan Asia Tengah. Jika hubungan terus berlanjut, tak tertutup kemungkinan seluruh pulau dijadikan pangkalan udara Rusia.

Jenderal Anatoly Zhikharev, komandan penerbangan strategis Rusia, mengatakan, pesawat pengebom Rusia itu bisa menggunakan 4 atau 5 lapangan di Kuba yang memiliki landasan panjang, jika Kuba mengizinkan. Sejumlah pesawat pengebom jarak pendek Rusia sering mendarat di Kuba masa perang dingin dulu. Belakangan, sejak tahun 2007, pesawat pengebom jarak jauh Rusia kembali melakukan patroli setelah 15 tahun vakum. Saat itu, 2 pengebom jarak jauh Rusia terbang ke Venezuela dalam kunjungan yang didesain untuk memamerkan kekuatan militer Rusia.

Selain dalam bidang militer, dua negara produsen minyak utama itu, juga bekerja sama erat dalam bidang energi. Rusia dan AS sebelumnya ingin memanfaatkan momentum perubahan kekuasaan di Washington untuk meredakan ketegangan diantara mereka. Namun, hubungan malah menegang ketika Amerika berencana membangun anti misil di Eropa Timur, hampir bersamaan dengan terjadinya konflik Rusia-Georgia. Rusia yang sempat berang menanggapi ancaman itu, balas mengancam akan membangun fasilitas sejenis untuk menangkal serangan misil dari arah Eropa Timur.( AP/Reuters/PR, 15/3/2009 )

Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: