dari Palestina sampai Indonesia

Mata2 jaringan elektronik Cina menembus komputer di 103 negara

Posted in internasional by nurray on 01/04/2009

Mata2 jaringan elektronik yang bermarkas utama di Cina berhasil menembus komputer2 pemerintahan di dunia. Para ahli Kanada, Minggu ( 29/3/2009 ) mengatakan, mata jaringan itu sudah menembus 1.295 jaringan komputer di 103 negara di dunia. Termasuk milik kementerian luar negeri, kedutaan, dan milik Dalai Lama, tokoh spiritual Tibet yang terusir. Namun Beijing selalu membantah keterlibatannya.

Mendeteksi jaringan

Mendeteksi jaringan

Keberadaan mata2 itu dilaporkan setelah 10 bulan dilakukan investigasi oleh Pengawas Perang Informasi ( Information Warfare Monitor/ IVM ). IVM adalah pengawas jaringan informasi yang terdiri atas para ahli think tank kelompok SecDev dan pusat pelajaran internasional Universitas Toronto, yang bermarkas di Ottawa.

Pendeteksian ini atas permintaan kantor Dalai Lama. Hasilnya mengejutkan, karena Kementerian Luar Negeri Iran, Bangladesh, Latvia, Indonesia, Filipina, Brunei, Barbados dan Bhutan sasaran target berikutnya.

Sistem retas juga menemukan mata2 jaringan yang sama di Kedutaan India, Korsel, Indonesia, Thailand, Taiwan, Portugal, Jerman dan Pakistan. Para pengamat mengatakan para peretas ( hacker ) tsb menggunakan software yang berbahaya/ malware.

Menurut New York Times, operasi mata2 ini merupakan yang terbesar yang pernah ditemukan. Namun penyerangan semacam ini bukanlah yang baru terjadi. ( BBC/PR, 13/3/2009 )

Istana kaisar Cina, Beijing

Istana kaisar Cina, Beijing

Iklan
Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: