dari Palestina sampai Indonesia

Demo rusuh melambungkan popularitas PM Thailand, Abhisit Vejjajiva

Posted in internasional by nurray on 17/04/2009

Pemimpin pendemo minta pendukungnya menghentikan aksi setelah terjadi kerusuhan dan bentrokan dengan pihak keamanan. Sekitar 2 ribu pendemo yang masih bertahan di sejumlah titik penting dan gedung pemerintahan, membubarkan diri setelah tentara dan polisi melakukan tindakan tegas terhadap mereka. Deputi komisaris kepolisian Thailand, Watcharapol Prasarnrajkit mengatakan 4 pemimpin pengunjuk rasa telah menyerahkan diri.

Kami tidak ingin korban bertambah, juga akan tetap meminta pengunduran Abhisit dalam aksi yang lain, kata Suporn Attawong. Kami belum berhasil menggulingkan pemerintah, mengembalikan militer ke baraknya dan menghentikan kelompok elite agar tidak mencampuri politik, kata Jakrapod Penkair. Mereka dibawa ke kantor polisi untuk diinterogasi. Sebagian pengunjuk rasa meneteskan air mata saat membubarkan diri atau masuk ke dalam bus yang disediakan militer.

Pemerintah Thailand mencabut paspor Thaksin Shinawatra, Rabu ( 15/4/2009 ), menyusul meningkatnya tekanan untuk melawan mantan PM yang dituduh menghasut massa menentang pemerintah, termasuk menggagalkan KTT ASEAN plus di Pattaya, Sabtu lalu. Pemerintah juga akan memburu organisasi pengerah massa demonstran yang telah menewaskan 2 orang dan melukai 123 lainnya dalam kerusuhan kemarin. Kedua korban tewas ditembak 3 penduduk lokal di Bangkok.

Pattaya, tempat akan dilangsungkannya KTT ASEAN Plus.

Pattaya, tempat akan dilangsungkannya KTT ASEAN Plus.

Sebagian besar koran di Bangkok menyatakan, tidak menaruh simpati atas krisis politik yang terjadi di negaranya. Sejumlah editorial menyebut pengunjuk rasa sebagai ‘teroris urban’. Menurut kolonel polisi Rangsan Parditopong, kerusuhan Senin malam itu terjadi setelah ratusan pengunjuk rasa berhadapan dengan warga lokal yang berjaga-jaga di luar sebuah pasar. Massa demonstran melempar bom Molotov disusul aksi saling tembak.

Pendemo Kaus Merah, pendukung Thaksin.

Pendemo Kaus Merah, pendukung Thaksin.

Pengadilan mengeluarkan surat penangkapan terhadap Thaksin dan 12 pemimpin pengunjuk rasa. 3 orang sudah ditahan, sisanya masih dalam pencarian. Tim penyidik kini tengah memeriksa tempat tinggal mereka, kata komandan polisi Bangkok, Letjen Worapong Shewpreccha. Polisi telah mengecek pihak imigrasi, namun tidak tercatat, para buronan akan meninggalkan Thailand. Dalam surat penangkapan, para pemimpin pengunjuk rasa dituduh melakukan tindakan darurat, ancaman aksi kekerasan dan menghasut massa untuk melanggar hukum. ( dalam tayangan tv, mobil Abhisit dicegat, dipukul2 dengan balok kayu oleh sebagian pendemo yang beringas. Dilaporkan ada sekitar 100 ribu massa yang berunjuk rasa ketika itu. Abhisit selamat, tapi stafnya terluka_nurray ).

PM Thailand, Abhisit Vejjajiva.

PM Thailand, Abhisit Vejjajiva.

PM Thailand, Abhisit Vejjajiva, berjanji akan menuntut seluruh pemimpin pengunjuk rasa yang memicu kerusuhan, Selasa ( 14/4/2009 ), ketika militer mengancam akan menggunakan kekuatannya untuk melawan ribuan demonstran yang bertahan, mendirikan tenda di luar kantornya. Militer dan polisi kemarin mendirikan pos2 keamanan di sekitar ibukota, menyusul pengumuman keadaan darurat oleh Abhisit, Minggu, yang hingga kini belum dicabut meski keadaan sudah relatif tenang. Warga Bangkok menikmati hari libur tahun baru Budha, yang telah diperpanjang oleh pemerintah selama 3 hari.

Kota Bangkok saat malam.

Kota Bangkok saat malam.

Kementerian Dalam Negeri telah membatalkan paspor Thaksin sesuai regulasi ; negara bisa membatalkan atau menarik paspor seseorang jika ia terbukti menimbulkan kerugian dan kerusakan pada negara. Thaksin disingkirkan lewat kudeta militer tidak berdarah tahun 2006. Konglomerat kaya itu kini tinggal di luar negeri untuk menghindari jeratan hukum 2 tahun penjara atas dakwaan korupsi. Dalam demo pekan terakhir, beberapa kali Thaksin berpidato ( melalui siaran ) di hadapan para pendukungnya.

Thaksin Shinawatra memutuskan meninggalkan Dubai dan pergi ke Nikaragua, meski paspornya sudah dicabut. Kata juru bicaranya, sejumlah negara asing masih menerima paspor Thaksin. Pemerintah Nikaragua, Rabu lalu waktu setempat, mengatakan pihaknya telah mengabulkan paspor diplomatik Thaksin yang kini buron. Rosario Murillo, ibu negara Nikaragua, sekaligus juru bicara pemerintah. Thaksin masih diakui Nikaragua sebagai duta besar dengan “misi khusus” karena telah membantu investasi bagi negaranya.

Thailand tidak memiliki perjanjian ektradisi dengan Nikaragua. Tharit Charungvat, juru bicara kementrian luar negeri Thailand mengatakan, pemerintah Thailand belum membuat protes secara formal pada pemerintah Nikaragua atas pemberian paspor diplomatik pada Thaksin.

Surat kabar “Bangkok Post” menuduh para pemimpin pengunjuk rasa dan Thaksin telah melakukan ‘kejahatan mengerikan’. Koran “The Nation” menyebut perdamaian yang diakhiri kekerasan kemarin telah memperkuat posisi perdana menteri Abhisit Vejjajiva. ( AFP, AP, PR, 15,16,17/4/2009 )

Iklan
Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: