dari Palestina sampai Indonesia

Ekonomi 6 milyar penduduk bumi disetir 6 ribu orang kaya.

Posted in internasional by nurray on 21/04/2009

Menurut Suze Orman, krisis di Amerika Serikat saat ini, mulanya dicetuskan oleh keinginan George.W. Bush ( saat jadi presiden ) untuk menyediakan satu rumah untuk satu keluarga. Karena bank tak punya uang untuk KPR dan kredit pembangunan ( habis dipakai untuk perang_nurray ) sehingga surat hutang di lempar ke pasar saham untuk menarik dana dari investor. Saat kredit macet, investor tak bisa mengambil uangnya, karena memang tak ada uang riil yang beredar. Dibelakang surat hutang tak ada jaminan barang untuk dijual jika kredit macet. Terjadilah krisis ekonomi global.

Aviliani, pengamat ekonomi & perbankan

Aviliani, pengamat ekonomi & perbankan

Ahmad Riawan Amien, ketua Asbisindo

Ahmad Riawan Amien, ketua Asbisindo

Menurut pengamat ekonomi, ibu Aviliani ; krisis di Indonesia lebih disebabkan karena kita selama ini impor bahan baku ( sampai 70 % ), menggunakan dollar/ USD untuk transaksi luar negeri dan pasar ekspor ditutup karena masing2 negara mengamankan ekonomi masyarakatnya. Kondisi perusahaan, bank dan dunia usaha sendiri cukup sehat dan berhati-hati setelah pengalaman melalui krisis tahun 1997 lalu.

Perekonomian dunia yang berisi 6 milyar manusia ini sesungguhnya hanya dinikmati/ dikendalikan oleh sekitar 6000 orang kaya. 50 % nya bukan atas nama negara, tapi kelompok ( zionis, yang terdepan ) yang bekerja untuk kepentingan kelompoknya. Lobby kuat Yahudi bekerja di seluruh dunia, menekan negara2 untuk menerapkan dan mempertahankan ekonomi liberal. Sistim liberal menggunakan mekanisme pasar bebas, tanpa regulasi/ intervensi dari pemerintah. Yang lemah terlindas habis. Spiritualitas lenyap, orang sakit jiwa, bunuh diri atau lari ke narkoba, makanan, akohol, gila belanja, seks menyimpang dsb. Sistim sosialis, ekonomi diatur sepenuhnya oleh negara. Tak ada kebebasan berbicara. Orang hanya deretan nomor, barisan sunyi, seragam.

Cengkeraman zionis/ lobi Yahudi di seluruh dunia, dipimpin kelompok Freemasonry

Cengkeraman zionis/ lobi Yahudi di seluruh dunia, dipimpin kelompok Freemasonry

Irak masa Saddam Husein mencoba mengalihkan transaksi minyaknya dari dollar ke euro. Amerika Serikat dengan dalih senjata pemusnah massal menginvasi Irak dan menggantung Saddam. Amerika tak pernah dikontrol berapa banyak ia mencetak uang kertas ( tanpa underline berupa jaminan barang riil ; emas, tanah dsb ). Sehingga saat uang hendak ditarik dari pasar modal oleh investor, tak ada emas/ properti yang bisa digadaikan untuk mengganti kerugian investor. Ekonomi hit man ala zionis. Uang jadi jaminan hutang, bukan barang. Menggelembungkan nilai uang hingga 3000 kali lipat. Dari 6000 hutang, hanya 100 yang ada underline-nya ( jaminan barang riil ). Uang jadi komoditi, bukan nilai tukar. Uang beranak pinak, tanpa nilai riil. Wall Street, AS adalah pusat spekulan uang seperti ini. Rotterdam, tempat komoditi riil-nya. Kartu kredit, kliringnya di AS.

Ringkasnya uang yang kita pegang saat ini, hanya selembar kertas tanpa nilai riil. Mestinya, ketika bank mengeluarkan uang kertas, ada emas dengan nilai setara di depositnya sebagai jaminan. Berkaitan ini, KTT G-20 April lalu, terbentuklah kubu Jerman, Perancis ; yang memilih pengawasan ketat perbankan dan stop liberalisme total. Kubu AS, Inggris memilih stimulus ekonomi. Pemerintah Indonesia yang ‘good boy’ masuk kubu Obama ini.

Ekonomi yang sesungguhnya adalah hasil dari kita menanam kelapa, bercocok tanam dsb. Bukan bermain uang. Asia lebih kuat saat terimbas krisis karena ekonominya berasal dari sektor riil. Sayangnya, masa sebelumnya, transaksinya menggunakan dollar. Jadi AS yang bikin masalah, kita yang mengemis padanya. 80 % transaksi dunia menggunakan mata uang dollar ( film, musik, media massa dunia yang mencitrakan AS sebagai ‘pahlawan/ polisi’ yang unggul, turut andil dalam keputusan memilih dollar ini_nurray ).

Hati2 juga dengan lembaga rating saat ini, terlebih yang mencap AS unggul dan Asia payah. Cek sponsor dan kredibilitasnya. Nyatanya perusahaan dengan rating triple A hasil rating lembaga tsb justru yang banyak berguguran di Wall Street.

AS menyamarkan proteksi bagi ekspor dari negara lain dengan persyaratan masuk berlapis-lapis ; diantaranya isu ramah lingkungan, produk mudah didaur ulang dsb. Menghadapi tantangan ini, Indonesia sekarang harus fokus pada pasar dalam negeri. Sektor yang lemah ( petani, nelayan dll ) mesti dilindungi dengan regulasi yang baik dari pemerintah. Sektor yang kuat bisa dilepas di pasar bebas. Jadi, tiap negara bisa menentukan mana strategi yang paling tepat untuk negerinya. Apa ingin liberal, sosialis atau paduan keduanya, disesuaikan dengan kemampuan tiap sektor usaha.

Logo IMF

Logo IMF

Logo World Bank/ Bank Dunia

Logo World Bank/ Bank Dunia

Logo United Nations/ PBB

Logo United Nations/ PBB

IMF dikucuri dana hingga 3 kali lipat. Negara yang tak punya pilihan lain, seperti Meksiko, terpaksa menerima bantuan IMF, yang telah kita buktikan, justru makin menyengsarakan kita. IMF, World Bank dan PBB dibentuk oleh negara2 pemenang perang dunia ( PD II ) yang tentu didesain untuk menguntungkan mereka. ( Negara2 anggota mesti mengikuti semua resolusi yang dikeluarkan lembaga2 dunia ini, terbelenggu karenanya. Termasuk hanya bisa menonton ketidakadilan di tanah Palestina. Sekjen PBB yang mencoba bertindak tegas pada Israel, mati dibunuh_nurray ).

Dag Hammarskjold

Dag Hammarskjold, Sekjen PBB yang tewas dalam kecelakaan pesawat di Zambia setelah mencoba memberi keadilan bagi rakyat Palestina. Ia berasal dari Swedia

Stimulus ekonomi itu seperti air saat kebakaran. Timing-nya ( waktunya ) tidak tepat kalau kita hanya bicara ; rumah ini harus dibangun jangan di dekat area yang mudah terbakar. Tapi padamkan dulu kebakarannya, baru berikutnya mengikuti aturan yang benar tentang pendirian bangunan sehingga musibah tak berulang. Tahun 2009 ini pemerintah Indonesia sudah benar menggunakan stimulus ekonomi, tapi tahun 2010 nanti harus menggunakan sistim dan regulasi yang tepat untuk memperbaiki perekonomian Indonesia.

Komunike ekonomi dalam KTT G-20 kemarin, seperti berupaya melakukan yang terbaik dalam sistim yang dasarnya sudah salah. Riba dalam Islam, sudah salah. Kalau mau jujur, 2 agama wahyu lainnya ( Nasrani/ nabi Isa, Yahudi/ nabi Musa ) juga tidak membenarkan riba. Sistim ekonomi syariah akan sesuai dengan kebutuhan manusia. Ada yang lebih tahu soal manusia melebihi Yang Maha Pencipta ?

( Nurray/ setelah nonton “Opportunity in Crisis di MetroTV”, 18/4/2009 ).

*****

logo Israel di site plan Washington, AS

logo Israel di site plan Washington, AS

Pengungsi Palestina di kamp Sabra Shatilla, Lebanon, korban pembantaian Israel, tahun 1982, dengan mendiang Ariel Sharon sebagai ketua penjagalnya. Korban tewas terhitung 19 ribu jiwa, sebagian dalam bentuk serpihan daging, potongan badan/ mutilasi, hangus dibakar, dikubur hidup2 dan keracunan senjata kimia.

Pengungsi Palestina di kamp Sabra Shatilla, Lebanon, korban pembantaian Israel, tahun 1982, dengan mendiang Ariel Sharon sebagai ketua penjagalnya. Korban tewas terhitung 19 ribu jiwa, sebagian dalam bentuk serpihan daging, potongan badan/ mutilasi, hangus dibakar, dikubur hidup2 dan keracunan senjata kimia.

free html visitor counters
hit counter

Tagged with:

2 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. nbasis said, on 26/06/2009 at 00:56

    Mbak Aviliani beda deh saat moderator debat capres. Kurang kritis, kurang gairah membedah sungguh-sungguh permasalahan sesungguhnya.

  2. nurray said, on 26/06/2009 at 11:32

    @ nbasis :
    Semalam saya lihat di Metro TV, usai debat capres putaran 2, mbak Aviliani mengaku ia dibatasi waktu sehingga tak bisa mengejar hingga ke posisi kandidat sesungguhnya. Sikap santun ( rikuh menyerang kandidat lain ) masih dianut ketiganya. Tapi sudah mendingan daripada debat2 sebelumnya. Ada JK yg fresh meski kurang sistematis. Sudah sedikit berani sindir2an sehingga menjadi tontonan yg lebih menarik bagi pemirsa. Trims komennya.

    ===================

    Pasca pilpres Indonesia 2009, SBY terpilih kembali utk masa jabatan ke-2. Menyenangkan melihat Jusuf Kalla memberi selamat pada SBY & tim suksesnya. Memberi teladan kepada negeri ini untuk menerima kemenangan kandidat lain dengan legowo. Beruntung negeri ini masih punya negarawan yg patut dibanggakan. JK sudah mencuri perhatian.

    ( saya sempat meragukan ketika JK marah/ tersinggung saat disindir ; sekolah seperti kandang ayam oleh rekan guru. Belakangan saya baru mendengar pengakuan JK, bahwa beliau marah karena audiens tidak percaya diri sebagai bangsa Indonesia. Menyebut sekolah Indonesia seperti kandang ayam, padahal itu kasuistik, jauh lebih banyak sekolah yang layak. Itu yang harus dikemukakan pada bangsa2 lain. Tak perlu mengumbar aib negeri sendiri. Benar juga, ya. Wah, boleh juga kebangsaan pak JK. Saya pribadi terperangah mendengar deburan semangat kebangsaan di dada seorang Jusuf Kalla. Nggak, nyangka. Saya juga senang melihat penampilan beliau ketika di mimbar debat capres lalu. Tidak jaim. Apa adanya. Sederhana, meluluhkan hati. Khas JK. Pasangan SBY – JK termasuk yang berhasil untuk membawa Indonesia to the next level. Acungan jempol untuk kedua orang terbaik yang pernah dimiliki bangsa ini. Thank you so much )

    Memang ada yg berpendapat ucapan selamat pada presiden terpilih mestinya informal ( tidak dipublikasikan ke publik ). Pendapat saya, itu dilakukan kalau konstelasi dunia saat ini dalam keadaan aman & bisa ditebak. Hegemoni dunia di tangan pemimpin kuat yang diridhoi Allah Swt. Nyatanya tidak demikian. AS & sekutu Eropanya gatal mengadu domba rakyat negara2 yang dibenci atau diincar kekayaan alamnya. Belajar dari kerusuhan yang mereka timbulkan di Iran, Thailand dll, mestinya sikap sportif itu sudah dimulai dari sekarang.

    Pengalaman Quick Count dari lembaga kredibel selama ini, tak jauh dari hasil KPU. Ungkapan “lebih cepat lebih baik”, saya setujui dalam hal ini. Keutuhan negara & bangsa selayaknya di tempatkan di muka. Terima kasih Pak JK, atas kebesaran jiwa bapak untuk bangsa ini. We always remember.

    Input buat SBY dari kandidat lain seperti pengecekan hingga ke tingkat bawah/ lapangan – misal patok perbatasan negara ( kritik dari Megawati ), atau rendahnya kualitas kompor gas & tabung elpiji 3 kg yg dibagikan ke rakyat kecil hingga mudah meledak – mestinya dilakukan sungguh2, kalau perlu dibentuk tim khusus ( saran ibu saya ).

    Smoga SBY bisa melakukannya di periode kedua, juga tuntutan untuk berperan lebih besar di tingkat global. Dan, Antasari Azhar… selamatkan beliau dari konspirasi keji yg menjeratnya, ya pak. Ini krusial sekali untuk kaum muda, generasi pejuang, penerus bangsa.

    Selamat bertugas Pak SBY & Pak Budiono !


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: