dari Palestina sampai Indonesia

Presiden Iran, Ahmadinejad pidato ; Israel rasis dan kejam, 30 diplomat Barat walk out.

Posted in internasional by nurray on 24/04/2009
Presiden Iran, Ahmadinejad ketika berpidato.

Presiden Iran, Ahmadinejad ketika berpidato.

30 diplomat Barat ( AS, Israel, Inggris/ Peter Gooderham,  Kanada, Australia, Perancis/ Jean-Baptiste Mattei, Jerman, Italia, Selandia Baru, Belanda, Jerman dll ) melakukan aksi walk out ( WO, keluar ruangan ) ketika presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad menyatakan Israel adalah negara paling kejam dan rezim rasis yang represif, dalam pidato pembuka Konferensi Antirasisme PBB, Senin ( 20/4/2009 ) di Jenewa. Poin utama yang akan disampaikan Ahmadinejad untuk persatuan global adalah melawan rasisme dan menyatakan imigran Yahudi dari AS serta Eropa membantu mendirikan Israel setelah Perang Dunia untuk menjajah Palestina.

“Sebagai balasan atas rasisme yang mengerikan di Eropa, Eropa dan Amerika membantu mendirikan rezim yang sangat kejam dan rasis di Palestina. Mereka menggunakan agresi militer untuk masuk ke negara yang lemah untuk menyebarkan penderitaan di bawah kekuasaan Yahudi,” ungkap Ahmadinejad. Untuk pernyataan ini, Ahmadinejad dilempar hidung merah badut oleh seorang pengunjuk rasa yang berteriak “rasis, rasis”.

Sebelum konferensi digelar, sejumlah negara telah mengatakan memboikot pertemuan ini berdasarkan pengalaman yang berujung masalah ( konferensi serupa tahun 2001 di Durban, Afrika Selatan ). Padahal PBB berharap anggotanya bersatu melawan ketidakadilan dunia. Konferensi kali ini bertujuan untuk mengkaji kemajuan usaha mengatasi tindakan rasisme sejak pertemuan di Durban. Pemboikotan diambil karena kuatir muncul sikap anti-Israel dan anti-Barat. Tahun 2001 mengemuka komentar2 anti Semit dari beberapa organisasi non pemerintah. Negara2 Arab mengartikan zionisme sebagai rasisme. Pidato Ahmadinejad saat itu berakhir dengan kecaman. Barat tidak nyaman dengan pidato Ahmadinejad, satu2nya pemimpin penting yang menerima undangan hadir di forum itu. Kehadiran Iran dalam konferensi antirasisme menakutkan Israel dan menggelisahkan PBB.

Paus Benediktus XVI menyatakan dukungannya terhadap konferensi itu dengan mengatakan,”Kami menginginkan tindakan tegas dan konsisten pada tingkat nasional dan internasional untuk mencegah dan menghapus semua bentuk diskriminasi dan ketidaktoleran.”

Presiden AS, Barack Obama mengatakan,”Kami sudah mengekspresikan fokus kami dalam konferensi ini. Akan tetapi, jika Anda mengadopsi seluruh pernyataan yang tak jauh berbeda dengan konferensi pada 2001, tidak ada alasan lagi bagi kami untuk bergabung. Kami berharap adanya hasil yang nyata dari konferensi sehingga kami bisa bermitra dengan semua negara untuk mengurangi diskriminasi di seluruh dunia. Akan tetapi, dalam konferensi ini tidak akan ada peluang untuk memenuhi harapan itu.”

Bom fosfor putih dari pesawat Israel, membakar Gaza

Bom fosfor putih dari pesawat Israel, membakar Gaza

Ketua Badan Hak Asasi Manusia PBB, Navi Pillay menyatakan terkejut dan sangat kecewa oleh pemboikotan tsb.”Sejumlah negara membiarkan satu atau dua masalah mendominasi pandangan mereka tentang masalah ini, membiarkan hal tersebut mengalahkan kekhawatiran berbagai kelompok terhadap orang yang mengalami rasisme dan bentuk penolakan lain,”sesal Navi.

Sekjen PBB, Ban Kimoon dari Korea Selatan merasa cemas dan mengatakan, Ahmadinejad telah menggunakan kesempatannya untuk menuduh, memecah belah bahkan menghasut.”Ini pengalaman paling buruk bagi saya selama menjabat sekjen PBB. Ini situasi yang tak dapat diterima.” ( Apa pengemboman sekolah PBB di Gaza oleh pasukan Israel persis di depan hidung Ban Kimoon yang bertemu petinggi Israel di Tel Aviv untuk meminta genjatan senjata, lebih diterima ? Apa Ban sedang ‘menari’ untuk menyelamatkan posisi dan nyawanya ? Orang2 berbaju perlente dan berpendidikan tinggi, para diplomat, duta besar, menlu, kemana nyali dan nurani kalian ?? Dunia dipimpin oleh kalian ? I can’t believe this !_nurray ). ( AP/BBC/ 22/4/2009 ).

Iklan
Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: