dari Palestina sampai Indonesia

Keberanian Korea Utara meluncurkan roket dan menahan 2 wartawati AS.

Posted in internasional by nurray on 28/04/2009

Parade pasukan Korea Utara

Parade pasukan Korea Utara

Korea Utara ( Korut ), Jumat ( 24/4/2009 ) mengatakan 2 wartawati AS yang ditahan bulan lalu di perbatasannya akan diadili dengan tuduhan kriminal, memasuki secara tidak sah wilayah Korut dengan niat ‘permusuhan’. Demikian dilaporkan kantor berita Korut, KCNA. Kedua wartawati ditangkap bulan Maret, di sungai Tumen, yang mengalir di perbatasan Korut dan Cina.

Penyidangan kasus kedua wartawati itu dilakukan di saat negara komunis itu menghadapi kecaman Dewan Keamanan PBB karena meluncurkan roket jarak jauhnya awal bulan ini. Menlu Rusia, Sergei Lavrov ketika mengunjungi ibukota Korut, Pyongyang, Kamis ( 23/4/2009 ) mengatakan tidak mudah menyelesaikan krisis internasional menyangkut rudal dan program senjata nuklir Korut.

Kekecewaan terhadap Korut meningkat setelah Pyangyang mengatakan pihaknya tidak akan ikut dalam perundingan perlucutan senjata nuklir 6 negara ( Korsel, AS, Jepang, Rusia dan Cina ) dan membatalkan semua perjanjian menyangkut penghentian program nuklirnya dengan mereka.

Menlu AS, Hillary Rodham Clinton, Rabu ( 22/4/2009 ) mendesak dunia tidak mengalah pada sikap Korut yang tak bisa diramalkan. Washington mengatakan pihaknya sedang melakukan kontak dengan Korut melalui berbagai saluran untuk menjamin pembebasan kedua wartawati jaringan berita Current TV yang berpusat di AS. Dari pengalaman, diperlukan 3 bulan untuk membebaskan warga AS tahun 1996 yang ditahan penjaga perbatasan ketika memasuki sungai Yalu yang memisahkan Korut dan Cina.

Korut juga menahan seorang pekerja Korea Selatan di kawasan industri di utara perbatasan 2 Korea itu karena dituduh menghina sistem politik Korut. Korut menolak membicarakan nasib pekerja tsb. ( Rtr/Ant, PR, 25/4/2009 ).

Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: