dari Palestina sampai Indonesia

Puluhan peziarah Iran tewas dalam 4 ledakan bom bunuh diri di Irak.

Posted in irak by nurray on 28/04/2009
Korban ledakan di Baquba

Korban ledakan di Baquba

Sedikitnya, 60 orang tewas dan 125 orang luka2 dalam 2 ledakan bom bunuh diri di tempat suci Imam Moussa al-Khadim di Kadhimiya, Baghdad, Irak, Jumat ( 24/4/2009 ). Ledakan di tempat suci umat Syiah itu saat shalat Jumat.

Sehari sebelumnya, bom serupa terjadi menewaskan 80 orang di Baghdad dan Baquba. Di restoran Baquba, Provinsi Diyala, bom meledak menewaskan 48 orang, sebagian besar peziarah Iran. Di tengah kerumunan orang yang sedang mengantre bantuan dari polisi, bom kedua meledak, menewaskan 28 orang. Belum juga selesai pemakaman korban pemakaman di Baghdad dan Baquba, ledakan kembali terjadi.

Imam Mousa adalah salah seorang dari 12 tokoh suci Syiah. Tiap tahun, ratusan dari ribuan umat Syiah berbondong-bondong menuju Kadhimiya untuk memperingati wafatnya tokoh tsb yang mereka yakini dibakar di lokasi kubah emas, Baghdad. Tempat suci tsb sering menjadi target serangan. Terakhir, awal April lalu ketika bom dalam kantong plastik ditinggalkan di sana dan menewaskan 7 orang dan melukai 23 orang lainnya.

Kekerasan dalam setahun terakhir menurun tajam, meskipun secara reguler serangan masih terjadi di kota2 Irak. Di antara korban tewas, 25 orang peziarah Iran dan 80 lainnya luka2. Menurut Kementerian Kesehatan Irak, sejak 2005 kekerasan terus memburuk, merenggut lebih dari 87.000 nyawa orang Irak. Angka yang cukup signifikan hingga memicu perdebatan politik tentang biaya kemanusiaan akibat perang di Irak.

Sebagian warga Irak khawatir aksi kekerasan akan meningkat seiring ditariknya pasukan AS yang akan dilakukan secara bertahap hingga 2011 nanti. ( warga Irak mesti mandiri dan percaya diri menjaga negerinya. Percayalah, itu jauh lebih baik daripada mempertahankan AS di Irak, yang kita sudah tahu alasan sesungguhnya bercokol di sana yaitu mencegah transaksi minyak dari dollar ke euro dan mengamankan pasokan minyak bumi untuk negerinya. Pembuat keonaran tak bisa diandalkan untuk menjaga keamanan dalam jangka panjang. Jangan pernah percaya muslihatnya lagi_nurray ). ( AP/AFP/BBC/PR, 25/4/2009 ).

Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: