dari Palestina sampai Indonesia

Sejarah Iran & 30 film anti Iran produksi Hollywood segera rilis.

Posted in dunia muslim by nurray on 01/05/2009
Isfahan Naghshjahan, Iran

Isfahan Naghshjahan, Iran

Anda ingin tahu seperti apa sosok Iran yang begitu dibenci Amerika ? Ternyata Iran memang pantas bikin ngeri negeri Paman Sam. Bukan karena program nuklir dan julukan poros setan yang sewenang-wenang ditempelkan G.W.Bush pada negeri para mullah ini. Keteguhan Iran memegang Islam dan kemegahan peradabannya yang memiliki sejarah panjang yang membuat Amerika segan. Siapapun yang berpegang kokoh pada tali Islam, Allah Swt  takkan menyia-nyiakan. Semoga Allah selalu menguatkan dan melindungi rakyat serta pemimpin Iran.

Mushaf Qur'an

Mushaf Qur'an

Sejarahnya, dahulu, sebelum nama Iran digunakan tahun 1935, negeri ini adalah Kekaisaran Persia. Orang Persia menamakan peradaban mereka, Iran atau Iranshahr sejak zaman Sassania, yang berarti Bumi Arya. Awalnya, Cyrus Agung menyatukan pemerintahan kecil dan suku2 di tanah Iran di bawah Dinasti Akhemenid. Persia lalu ditaklukkan bangsa Arab, Turki Seljuk, Mongol, Inggris dan Rusia. Etnis Persia tetap mempertahankan kebudayaan, bahasa dan jati diri mereka. Setelah itu Persia diperintah Khilafah Bani Umayyah dan Bani Abbasiyah, dimana orang Persia berperan penting dalam kegemilangan Islam. Setelah  Persia merdeka, dimulailah pemerintahan Thahiriyah, Saffariyah, Ziyariyah dan Samaniyah.

Persia kemudian diserang pasukan Turki Utsmani yaitu tentara Seljuk dari Amu Darya, pimpinan Tughril Beg yang digelari Raja di Timur. Penggantinya, Shah Malik ( 1072-1092 ) yang membuat Iran kembali gemilang dalam budaya dan sains, berkat jasa raja muda, Nizam al Mulk. Masa ini sebuah observatorium dibangun di mana Omar Khayyam, ahli astrologi, membuat eksperimen kalender baru. Sekolah agama dibangun di kota2 utama. Abu Hamid Ghazali, pakar teologi Islam, dan beberapa cendekiawan Islam di Baghdad dijemput untuk melanjutkan penelitian mereka di Iran.

Setelah abad 19 terjadi Revolusi Konstitusi Iran, sebuah revolusi yang memperkenalkan sistem monarki konstitusional. Namun Shah/ raja Iran masih mempertahankan kekuasaan mereka. Sebuah parlemen dinamai Majeles didirikan pada 7 Oktober 1906.

Masa pemerintahan Muhammad Shah Reza mulai digalakkan budaya Persia murni, sampai bahasa dan nama2 non Iran diubah ke akar kata Iran-Persia. Lahir tokoh2 besar seperti Murtadha Muthahhari, Ali Syariati, Thabathaba’i, Abdul Karim Soroush juga Ayatullah Khomeini.

Sejak penemuan minyak, Iran menjadi sumber cadangan minyak utama bagi negara2 sekutu pada Perang Dunia I. Ketika PD II, tentara sekutu meminta Shah Reza mengusir teknisi Jerman. Karena menolak, tentara sekutu menyerang Iran dan menyingkirkan Shah Reza, lalu melantik putranya Shah Mohammad Reza sebagai raja. Shah Mohammad menjadi boneka Inggris dalam administrasi Iran. Pemerintahannya otokratis dan dibenci rakyat Iran. Pemerintahan tangan besi Shah Mohammad berakhir 16 Januari 1979. Dinasti Pahlavi berakhir, Shah Mohammad lari ke Mesir.

Setelah itu terjadi persengketaan antara pendukung revolusi Iran dan pendukung kerajaan yang diwakili Dr.Shapour Bakhtiar. Sang pencetus revolusi, Ayatollah Khomeini, kembali dari pengasingan dan melantik Mehdi Bazargan sebagai perdana menteri baru Iran. Militer Iran menyatakan netral ketika terbentuk pemerintahan revolusi dan pemerintahan sementara/ kerajaan. Setelah jajak pendapat, 98% rakyat mendukung gagasan revolusi dan terbentuknya Republik Islam Iran.

Demikian heroiknya gairah Islam di dada rakyat Iran membuat Barat yakin Iran akan menjadi musuh mereka di masa depan. Apalagi setelah Ahmadinejad naik ke kursi presiden. Pria sederhana yang taat beribadah ini seperti tak punya urat gentar menghadapi hegemoni negara2 Barat. Ahmadinejad menjadi sosok pemimpin yang paling ingin dikenal dunia saat ini.

Host TV Fox bertanya,”Saat anda melihat cermin setiap pagi, apa yang anda katakan pada diri anda?”. Ahmadinejad menjawab,”Saya melihat orang di cermin itu dan mengatakan padanya ; Ingat, kau tak lebih dari seorang pelayan, hari di depanmu penuh dengan tanggungjawab yang berat, yaitu melayani bangsa Iran.”

Begitu ‘cool’-nya Ahmadinejad, sampai Amerika merasa perlu melakukan taktik baru pada sosok bersahaja yang menghalangi ambisi imperialis Barat menguasai minyak di Timur Tengah. Phywar.

Ahmadinejad, menyempatkan sholat jika adzan memanggilnya

Ahmadinejad, menyempatkan sholat jika adzan memanggilnya

Ahmadinejad, ketika shalat berjamaah

Ahmadinejad, ketika shalat berjamaah

Ahmadinejad berdoa sebelum bersantap.

Ahmadinejad berdoa sebelum bersantap.

Ahmadinejad tidur di ruang tamu.

Ahmadinejad tidur di ruang tamu.

Ahmadinejad ketika menjawab pertanyaan pers.

Ahmadinejad ketika menjawab pertanyaan pers.

Hassan Qashqavi, juru bicara kementrian luar negeri Iran mengatakan,”Hollywood memiliki 30 film2 anti Iran sebentar lagi. Film itu menceritakan kekerasan sejarah Iran yang dilekatkan dengan identitas Islam.” Subyek film2 itu menyerang keyakinan Iran, identitas sejarah, tatanan sosial, termasuk keramahtamahan yang dialihkan menjadi kekerasan atas nama Republik Islam. Hal itu dikatakan Qashqavi saat konferensi pers di Teheran dan dikutip Press TV ( 24/2/2009 )

Ahmadinejad berjabat tangan dengan Ismail Haniya, PM Palestina

Ahmadinejad berjabat tangan dengan Ismail Haniya, PM Palestina

Sayyid Ali Khamenei, pemimpin spiritual & panglima tertinggi angkatan bersenjata Iran. Atasan presiden Ahmadinejad.

Sayyid Ali Khamenei, pemimpin spiritual & panglima tertinggi angkatan bersenjata Iran. Atasan presiden Ahmadinejad.

Film berjudul “300” yang disutradarai Zack Snyder, merupakan contoh film yang sangat kentara mendiskreditkan Iran. Selain fakta sejarahnya tidak akurat, Persia digambarkan sebagai bangsa yang buruk, keras dan tidak manusiawi. Presiden Mahmoud Ahmadinejad menyebut film ini sebagai perang psikologis nyata/ psywar yang dijalankan Barat atas Iran. Dalam skenario film ini diceritakan 300 tentara Sparta berperang menghadapi pasukan kolosal Khashayar Shah dari dinasti Achaemenian.

Tragedi sejarah yang dipoles Hollywood dengan spesial effect yang canggih, menggambarkan Iran sebagai bangsa yang keji, haus darah dan zalim. Seorang kritikus film di koran New York Times menulis, film “300” bisa disetarakan dengan film “Apocalypto” yang disutradarai Mel Gibson, tapi film “300” lebih konyol 2 kali lipatnya. Film ini menekan penampilan luar ; tubuh, pakaian perang Yunani dan perhiasan pasukan Iran ditampilkan secara konyol. Warga Iran dalam blog pribadinya menulis, film “300” menceritakan pasukan Iran menyerang Yunani untuk memperbudak bangsa Spartan dan cara satu-satunya untuk menyelamatkan dunia adalah dengan kemenangan bangsa Yunani.

Penggambaran buruk orang Persia di film "300" di mata sineas Amerika.

Penggambaran buruk orang Persia di film "300" di mata sineas Amerika.

Kostum konyol prajurit Spartan

Kostum konyol prajurit Spartan

Sejak dahulu tradisi nalar bangsa Iran amat mempesona. Iran adalah representasi nyata peradaban Islam. Pernah menjadi kawasan gelanggang ilmu dan pengetahuan dunia ; Persia, Roma, Yunani, India dan Islam-Arab. Jadi, jika anda dihadapkan pada tontonan film2 psywar ini, anda boleh menonton atau menghindarinya. Lakukan keduanya dengan kekritisan dan croschek pada sejarah yang bisa dipertanggungjawabkan, juga nurani anda. Karena bisa jadi Iran ( saat ini dst ) menjadi satu-satunya negara berdaulat penuh di front terdepan penegakkan martabat Islam. Pembela Palestina, warga Gaza, yang gigih dan setia. Pastikan hati anda. ( Nurray + Hdyh Mei 2009 )

Peluncuran roket Iran

Peluncuran roket Iran

Pesawat tempur Saeqeh, Iran

Pesawat tempur Saeqeh, Iran

Syiraz, Iran

Syiraz, Iran

Uramanat, barat laut, Iran

Uramanat, barat laut, Iran

Iklan
Tagged with:

6 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Ahmad Arwani Qudsi said, on 13/11/2009 at 02:50

    Maju Terus Iran. Allah bersamamu!

  2. maulana said, on 14/11/2009 at 10:05

    Insya Alloh Indonesia bs sperti Iran, Allohuakbar

  3. Herlangga said, on 17/12/2009 at 04:48

    Allah slalu bsama kita…tuk mnunjukan kbnaran…

  4. achmad said, on 03/01/2010 at 07:26

    iran adalah bangsa yang disebutkan Rosulullah bangkit menjadi negara pembela ummat islam . hadis lulu wal marjan.

  5. SAGITA KRISTYAWAN said, on 04/01/2010 at 11:28

    sikat AMERIKA!

  6. Mortezaimami70 said, on 06/04/2010 at 04:53

    Hancur amerika


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: