dari Palestina sampai Indonesia

Militer Sri Lanka vs Macan Tamil : 70.000 tewas & bencana kemanusiaan.

Posted in internasional by nurray on 22/05/2009

Televisi pemerintah Sri Lanka, Rupavahini, Senin ( 18/5/2009 ) mengumumkan tewasnya Velupillai Prabhakaran, pemimpin Kelompok Pembebasan Macan Tamil Eelam ( The Liberation Tigers of Tamil Eelam/ LTTE ). Kantong perlawanan terakhir LTTE di utara Sri Lanka telah dibersihkan. Tewasnya Prabhakaran mengakhiri perang sipil antara Macan Tamil dan Sri Lanka sekaligus memupus keinginan LTTE mendapatkan kemerdekaan di utara dan selatan Sri Lanka yang telah berlangsung selama 3 dekade.

Departemen informasi pemerintah juga menyampaikan pesan pendek ke seluruh pelosok negeri tentang tewasnya Prabhakaran bersama 2 deputinya, Soosai ( pemimpin pasukan Singa Laut ) dan Pottu Amman ( kepala intelijen LTTE ). Panglima militer Sri Lanka, Letjen Sareth Fonseka di televisi tsb mengatakan,”Kami dapat mengumumkan dengan rasa tanggung jawab bahwa kami telah membersihkan seluruh negeri dari aksi terorisme.” Ia menyebutkan sedikitnya 250 mayat anggota LTTE berhasil ditemukan di distrik terakhir perlawanan Macan Tamil dengan militer Sri Lanka yang menelan korban lebih 70.000 jiwa.

Upaya LTTE untuk mendirikan negara terpisah dengan Sri Lanka dimulai tahun 1970-an. Aksi pertempuran habis-habisan kelompok ini terjadi awal tahun 1980-an. Pejabat senior kementerian pertahanan mengatakan, Prabhakaran dan 2 deputinya berusaha kabur setelah konvoi kecil militer menyerbu satu tempat pertahanannya. Mereka bertiga tewas ditembak. Militer juga menembak anak pemimpin politik B.Nadesan, Charles Anthony ( 24 ) dan pemimpin sekretariat perdamaian LTTE, S.Pulideevan. Juru bicara presiden Mahindra Rajapakse tewasnya pemimpin LTTE itu disampaikan pukul 19.00 waktu setempat.

Jaringan internet pro Macan Tamil mengatakan pemimpin LTTE telah memohon palang merah untuk dievakuasi, mengindikasikan terjadinya aksi pembantaian oleh militer Sri Lanka. Sementara itu, di ibukota Kolombo yang kerap menjadi sasaran bom bunuh diri Macan Tamil dalam 25 tahun terakhir, Minggu ( 17/5/2009 ) malam, warga merayakan kemenangan tsb.

Komite Palang Merah Internasional yang diizinkan melakukan aktivitasnya di zona perang mengatakan di sana telah terjadi bencana kemanusiaan. ( PR, 19/5/2009 ).

Pantai di Kolombo, Sri Lanka.

Pantai di Kolombo, Sri Lanka.

Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: