dari Palestina sampai Indonesia

Muslihat militer Myanmar memberangus Aung San Suu Kyi.

Posted in internasional by nurray on 22/05/2009

Aung San Suu Kyi ( 63 ) menjalani sidang di penjara Insein di Yangon, Myanmar, Senin ( 18/5/2009 ) atas dakwaan melanggar hukuman tahanan rumah, setelah seorang pria asal AS berenang menyeberangi danau dan secara rahasia tinggal selama 2 hari di rumah Suu Kyi. Dakwaannya ini akan mengunci Suu Kyi dalam penjara selama 5 tahun. Para jenderal mengabaikan kecaman dan kritik internasional yang menuding rezim hanya mengada-ada dan memanfaatkan kunjungan aneh pria asal AS itu. Masyarakat internasional mengancam memberi sanksi pada rezim yunta militer Myanmar.

Masa tahanan Suu Kyi sebenarnya akan berakhir 27 Mei ini. Namun dengan tuduhan baru rezim ini, Suu Kyi menjadi tak bisa mengikuti lagi pemilu yang akan digelar tahun depan. Jalan persidangan dijaga sangat ketat. Barikade polisi militer disiagakan dan kelompok pro yunta juga ikut berjaga di penjara Insein. Aktivitas bisnis di sekitar lokasi ditutup.

Di luar persidangan, kepolisian Myanmar menangkap sejumlah pendukung Suu Kyi, yang merupakan bagian dari sekitar 200 anggota Liga Nasional untuk Demokrasi ( The National League for Democrazy/ NLD ) yang berkumpul. Pendukung Suu Kyi yakin pihak militer dengan sengaja membiarkan pria itu mencapai rumah Suu Kyi, sama seperti yang dilakukan militer, November 2008. Pasalnya, rumah Suu Kyi sangat dijaga ketat, sulit untuk menembus penjagaan. Seperti sidang politik sebelumnya yang dilakukan di penjara, sidang kali ini juga tidak menunjukkan prospek keadilan berstandar internasional.

Duta besar Inggris, Perancis, Jerman dan Italia ditolak menghadiri sidang Suu Kyi. Dalam negara hukum, sidang pengadilan mestinya terbuka untuk umum, ujar seorang diplomat yang bertugas di Yangon.

Dijadwalkan, pihak pemerintah akan menghadirkan sedikitnya 22 saksi untuk melawan Suu Kyi.

“Suu Kyi siap menyampaikan kebenaran dan menyatakan tidak pernah melanggar hukum,”ungkap Kyi Win, pengacara Suu Kyi. Sementara, sidang John Yettaw, penyusup AS itu, dijadwalkan Senin dengan ancaman hukuman sama, 3-5 tahun penjara. Bedanya, sidang Yettaw boleh dihadiri diplomat AS. ( PR, 19/5/2009 )

Senja di Myanmar/ Birma

Senja di Myanmar/ Birma

Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: