dari Palestina sampai Indonesia

Ahmadinejad bertarung dengan capres moderat pembela minoritas donasi AS.

Posted in dunia muslim by nurray on 05/06/2009

AAhmadinejad, yg konservatif. Moussavi, yg moderat. Pilih mana ?

Ahmadinejad, yg konservatif. Moussavi, yg moderat. Pilih mana ?

Pemilihan presiden Iran yang akan digelar 12 Juni 2009, tampaknya akan menjadi pertarungan sengit yang akan mengubah peta kekuasaan di Iran. Pasalnya, pada pemilu sebelumnya, popularitas Mahmoud Ahmadinejad begitu tinggi. Kini popularitas itu mulai bergeser pada saingan terkuat Ahmadinejad dalam pemilu nanti, yakni mantan perdana menteri Mir-Hossein Moussavi. Bahkan, dikabarkan mantan presiden Iran, Mohammed Khatami, menarik dukungannya pada Ahmadinejad dan memberikannya pada Moussavi.

Khatami menyebut Moussavi orang yang setia pada idealisme revolusi dan negara. Ia memiliki pertahanan dan akan mempertahankan hak fundamental serta kebebasan, sama seperti ia mempertahankan hak2 rakyat untuk menentukan tujuan mereka, mengutamakan kepentingan negara dan menjadikan Iran, negara terhormat di kalangan internasional.

Dalam pemilu tahun ini tampaknya kalangan minoritas akan menjadi salah satu senjata andalan Moussavi dan Mehdi Karroubi. Jumlah pemilih dan perhatian etnik minoritas Iran pada pemilu tahun ini jauh lebih besar di banding pemilu sebelumnya. Kedua kandidat reformis itu sudah melakukan kunjungan kampanye secara meluas di seluruh penjuru Iran. Mereka mengunjungi semua kalangan minoritas untuk menyatukan suara mereka.

Kelompok minoritas Lor, Kurdi, Arab, Turkoman, Azeris, Baluchis dan non Persia lainnya jika digabung hampir setengah populasi Iran. Mereka mengaku mengalami ketidakadilan di bawah pemerintahan Ahmadinejad ; ditindas dalam bidang politik dan aktivitas media. Hal ini dimanfaatkan AS, yang secara perlahan mulai memasuki wilayah Iran, misalnya dengan membiayai aktivitas kalangan minoritas di perbatasan.

Meski Iran adalah negara beragam agama dan bahasa, namun penggunaan bahasa minoritas tidak diperbolehkan, dan harus menjunjung tinggi identitas nasional ( bahasa & agama nasional ). Ahmadinejad melakukan ini karena pemerintah pusat pernah punya pengalaman buruk dengan memberi peluang terhadap kalangan minoritas yang umumnya mendiami provinsi pinggiran Iran.

Dalam kampanye di Teheran pekan lalu, Moussavi mendengungkan pemerintahan Ahmadinejad telah melakukan sekuritisasi minoritas. Dia juga menegaskan jika ia terpilih, ia akan mengizinkan para pejabat menggunakan bahasa minoritas mereka. Bahkan Moussavi juga akan membolehkan muslim Sunni membangun masjid di Teheran.

Pada pemilu kali ini, Ahmadinejad akan melawan saingan moderatnya, mantan perdana menteri Iran, Moussavi, mantan juru bicara parlemen, Mehdi Karroubi, dan mantan kepala pasukan revolusioner Iran, Mohsen Rezai. Keempat kandidat telah disetujui usai diteliti kesetiaan mereka terhadap Iran, sistem pemerintahan Islam dan ketaatan mutlak pada pemimpin tertinggi, Ayatollah Ali Khamenei.

Lebih dari 450 orang mencoba mendaftar untuk dipilih, 42 diantaranya perempuan. Sayangnya, tidak ada perempuan yang lulus tes. ( PR, 1/6/2009 ).

Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: