dari Palestina sampai Indonesia

Fatah menangkapi pejuang2 Hamas demi Israel ?

Posted in palestina by nurray on 05/06/2009

Tiga polisi Palestina, 2 pejuang Hamas dan seorang pemilik rumah tewas bersimbah darah dalam suatu bentrokan di kawasan pendudukan di Tepi Barat, Minggu ( 31/5/2009 ). Bentrokan antar faksi yang mematikan itu merupakan yang pertama kalinya terjadi sejak Hamas mengambil alih Jalur Gaza tahun 2007.

Bentrokan terjadi saat aparat kepolisian dari Otoritas Palestina menggerebek salah satu rumah di kota Qalqilya di utara Tepi Barat. Tujuannya adalah menahan anggota Hamas. Penyerbuan itu memicu tembak-menembak terbuka di jalanan. Dua anggota Hamas yang tewas adalah Mohammad Samman, pemimpin lokal sayap militer Hamas ( Brigade Izz al-Din al-Qassam ) dan asistennya, Mohammad Yasin. Tiga polisi yang tewas masih belum diketahui identitasnya. Seorang yang tewas lainnya adalah pemilik rumah.

Saksi mata menyatakan, Samman dan Yasin tengah berada di rumah itu saat diberlakukan jam malam di Qalqilya.”Bentrokan seperti ini pernah terjadi dulu. Namun kali ini merupakan bentrokan yang serius di Tepi Barat,” kata reporter Al Jazeera, Nour Odeh, di Ramallah.

Suhu politik meningkat dalam gerakan Fatah pimpinan Mahmoud Abbas dengan Hamas yang mengontrol Jalur Gaza. Abu Obeida, juru bicara Brigade al-Qassam, menuding Israel menggunakan tangan Abbas untuk melakukan penggerebekan. Otoritas Palestina dengan cepat membantah kalau pasukan Israel terlibat dalam penggerebekan itu.

Pihak Hamas menyatakan, pasukan keamanan yang didominasi Fatah dengan motif politik menangkapi aktivis Hamas. Menurut Hamas, sebanyak 22 anggotanya telah ditangkap di Tepi Barat, Sabtu. Dalam sepekan terakhir, 40 orang sudah ditahan.

Otoritas Palestina menyatakan, mereka yang ditahan terlibat dalam tindakan menyembunyikan senjata, kejahatan pencucian uang dan penghasutan. Sementara itu, Mesir yang menengahi Hamas dan Fatah mematok tanggal 7 Juli sebagai batas akhir rekonsiliasi di antara keduanya. ( Al Jazeera/ PR, 1/6/2009 )

Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: