dari Palestina sampai Indonesia

Pemerintah Lebanon ingin jadi mitra terdekat imperialis di Timur Tengah ??

Posted in dunia muslim by nurray on 16/06/2009

Lega sudah nafas PM Israel, Benyamin Netanyahu. Hampir sebulan ia menahan sesak menyaksikan perkembangan politik di Lebanon, sampai pemilu parlemen yang berlangsung Minggu ( 7/6/2009 ) menunjukkan hasil. Kelompok pro-Barat yang dinamakan “Kubu 14 Maret”, terdiri partai Mustaqbal ( Saad Hariri ), Sosialis Progresif ( Walid Jumblat ), Kekuatan Lebanon ( Samir Geagea ) dan Kristen Palangist ( Amin Gemayel ) berhasil mengalahkan “Kelompok 8 Maret” yang anti Barat dan Israel.

“Kelompok 8 Maret” merupakan partai pro-Suriah dan Iran, terdiri atas Amal Syiah ( Nabih Beri ) dan Gerakan Kebebasan Nasional ( Michael Aoun ). Amal Syiah adalah partai formal yang ikut dalam pemerintahan, dengan dukungan kuat dari milisi Hizbullah pimpinan Hasan Nasrallah.

Israel ketar-ketir, jika “Kelompok 8 Maret” unggul mutlak, haluan Lebanon akan berubah total. Lebanon akan sangat anti Barat dan anti Israel. Program2 Hizbullah yang akan disalurkan melalui amal Syiah, adalah membebaskan seluruh Lebanon dari penduduk Israel. Deputi Urusan Luar Negeri Hizbullah, Amir Mousavi, berkali-kali menyatakan, jika “Kelompok 8 Maret” menang pemilu legislatif 7 Juni, langkah pertama adalah membebaskan 2 lahan strategis Lebanon yang dikangkangi Israel, yakni perladangan Sheeba dan perbukitan Kfar Chomba.

Sejak April lalu, Netanyahu berbicara pada AS dan Prancis, menggambarkan masa depan Timur Tengah, terutama jika Lebanon jatuh ke tangan kelompok2 anti Barat yang pro Suriah dan Iran. Menlu AS Hillary Clinton, secara terbuka berbicara kepada khalayak umum bahwa AS dan Israel memiliki kepentingan bersama untuk mencegah kemenangan unsur2 Hizbullah di parlemen Lebanon.

Maka sangat wajar jika Amir Mousavi menuduh AS-Israel mendukung “Kubu 14 Maret”. Hasilnya, partai2 “Kubu 14 Maret”, menurut hasil perhitungan sementara, berhasil meraih kursi parlemen di atas 40%. Kemenangan yang cukup telak dibanding hasil pemilu 2005 yang memberi keunggulan tipis bagi kelompok pro-Barat yang dengan susah payah menyisihkan “Kelompok 8 Maret”.

Dengan suara nyaris berimbang, selama periode 2005-2009, parlemen Lebanon sulit menentukan kebijakan mutlak. Termasuk dalam menyikapi perang melawan Israel yang dipelopori Hizbullah, Agustus 2006. Bagi Lebanon, kemenangan parpol pro-Barat membawa harapan bagi posisi Lebanon sebagai mitra Barat terdekat di Timur Tengah. Terutama di bidang rehabilitasi pembangunan infrastruktur yang rusak akibat perang 2006. Juga penguatan ekonomi, politik dan kebudayaan yang terbuka dan demokratis. Pemulihan sumber2 kekuatan finansial-material Lebanon, yang tumbuh cepat sejak 1950-an, dan hancur lebur selama perang saudara 1975-1990, akan menjadikan Lebanon percaya diri sebagai negara terkemuka di Timur Tengah.

Namun, “Kelompok 8 Maret” yang kalah, tentu takkan tinggal diam. Lebanon sesungguhnya korban dari pertarungan ideologis yang melibatkan negara2 luar. Apapun itu, semua berharap, hasil pemilu 7 Juni akan memberi kontribusi bagi Lebanon yang kuat dan mandiri. ( PR, 9/6/2009 )

***

Komen Nurray : Di Lebanon, ada Mousavi yang anti Barat, di Iran ada Mousavi yang pro Barat. ( Alhamdulillah, Ahmadinejad menang pemilu Iran 2009 ). Apa rakyat Lebanon sudah amnesia akan kekejaman Israel di kamp Sabhra, Shatila, dan perang 2006 ? Berharap pelindung pelaku kebrutalan itu membangun kembali Lebanon yang luluh lantak oleh perbuatan mereka ? Berharap menjadi mitra terdekat imperialis di Timur Tengah ? Ini utopis atau ngelantur ??


free html visitor counters
hit counter

Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: