dari Palestina sampai Indonesia

Konflik ribuan tahun di Palestina

Posted in palestina by nurray on 07/07/2009

“ Sembilan cincin untuk insan manusia yang ditakdirkan mati, satu cincin untuk penguasa kegelapan di tahtanya yang kelam. Di negeri Mordor, di mana bayang-bayang merajalela.”Frodo Baggins menjawab panggilan jiwa, keluar dari zona nyaman di Shire, bersama delapan sahabatnya menuju Mordor, menghentikan Souron.

Frodo, bisa jadi kita. Tak ingin kejahatan itu merajalela hingga ke pintu rumah kita. Karena kisah The Lord of the Rings, bisa mewujud dalam dunia ril hari ini. Jika kita tak berbuat apa-apa untuk membendung kebengisan zionis Israel yang didukung penuh Amerika Serikat dan Uni Eropa, terhadap negeri muslim dan dunia ketiga yang kaya sumber daya alam. Terjadi simbiosa mutualisma antara Sauron dan penyihir Saruman. Ekstremis Yahudi berambisi membangun kembali Haikal Sulaiman sampai ke wilayah masa keemasan kerajaan Israel. Amerika dan sekutu, bernafsu menyedot minyak di Timur Tengah untuk memenuhi gaya hidup rakyatnya yang boros ( populasi AS yang 5 % penduduk dunia menghabiskan 25 % energi dunia ).

Frodo & sahabatnya, Sam, keluar dari zona nyaman di Shire, untuk menghentikan kejahatan Souron di Mordor.

Frodo & sahabatnya, Sam, keluar dari zona nyaman di Shire, untuk menghentikan kejahatan Souron di Mordor.

AS menyumbang lebih 1,6 trilyun dolar pada Israel untuk bikin keributan di jantung ‘musuh’ sehingga ‘polisi dunia’ itu bisa berlagak pahlawan, mengintervensi negara moderat, menginvasi negara berdaulat untuk mendapat konsensi minyak. Tapi Israel bisa jadi Saruman, diam-diam membokong dari belakang. Seperti pernah dilakukannya pada para pejabat Inggris yang telah membidani kelahiran negara Israel tahun 1948. Bom-bom surat dikirim pada mereka yang sudah tak berguna lagi. Persis laba-laba black widow memakan pejantannya setelah kawin. Tak ada kawan langgeng buat Israel. Amerika tinggal tunggu waktu saja dikhianati ‘serigala’ yang dipeliharanya.

“Dan sungguh kamu akan mendapati mereka ( Bani Israel ), manusia yang paling tamak pada kehidupan ( dunia ), bahkan ( lebih tamak ) dari orang musyrik. Masing-masing mereka ingin agar diberi umur seribu tahun, padahal umur panjang itu sekali-kali tidak akan menjauhkannya dari siksa. Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan.” ( Qur’an, 2 : 96 ).

Sebetulnya, seperti apa sejarah konflik Israel-Palestina yang telah berumur ribuan tahun ini ? Jika bisa diringkas, akan seperti di bawah ini ;

EKSODUS YAHUDI

Dimulai 1300 SM, bangsa dari kepulauan Kert dan Lautan Egee migrasi ke kawasan Kan’an, bercampur dengan orang Arab asli penghuni Kan’an, yang kini disebut Palestina. Nabi Ibrahim bersama Nabi Luth tinggal di Al-Khalil ( Hebron ) pada abad 19 SM.

“Hai kaumku ( bangsa Yahudi ), masuklah ke tanah suci ( Palestina ) yang telah ditentukan Allah bagimu, dan janganlah kamu lari kebelakang ( karena takut kepada musuh ), maka kamu menjadi orang-orang yang merugi” ( Qur’an, 5 : 21 ).

Mereka berkata : “Hai Musa, kami sekali-kali tidak akan memasukinya selama-lamanya, selagi mereka ada di dalamnya, karena itu pergilah kamu bersama Tuhanmu, dan berperanglah kamu berdua, sesungguhnya kami hanya duduk menanti di sini saja”( Qur’an, 5 : 24 ).

Allah berfirman : “( Jika demikian ), maka sesungguhnya negeri itu diharamkan atas mereka selama empat puluh tahun, ( selama itu ) mereka akan berputar kebingungan di bumi ( Padang Tiih ) itu. Maka janganlah kamu bersedih hati ( memikirkan nasib ) orang-orang fasik itu”( Qur’an, 5:21).

Tahun 1250 SM, Nabi Musa yang diberi kitab Taurat, bersama kaumnya, meninggalkan Mesir menghindari kekejaman fir’aun ( Ramses II ) dan tinggal di Semenanjung Sinai selama 40 hari sampai Musa as wafat di sana. Selanjutnya 12 keturunan nabi Yakub yang dijuluki Ahsbath,

bersama Harun as, adik Musa as, berangkat ke tanah Kana’an ( Palestina ) timur. Di sana Harun mendirikan kerajaan utara, terdiri dari 10 kabilah Bani Israil, dan kerajaan selatan terdiri dari kabilah Benyamin dan Yahudha.

Tahun 985 SM, Nabi Daud ( keturunan nabi Ibrahim dari garis nabi Ishaq ) yang diberi kitab Zabur, mendirikan kerajaan di sini. Putranya, nabi Sulaiman ( Solomon ) memperluas kerajaan ini dari sungai Nil di selatan hingga sungai Eufrat di utara Syria. Di Yerusalem, Sulaiman membangun istana dan kuil yang luar biasa indah ( 1012 SM ). Tahun 933 SM, karena kemerosotan akhlak, kerajaan tsb mememudar dan ditempati penyembah berhala. Bangsa Israel diperbudak kembali.

Tahun 721 SM, kerajaan Babilonia menguasai kerajaaan utara Yahudi. Sejak itu bangsa Yahudi tercerai berai ke seluruh dunia. Sebagian sebagai tawanan. Kabilah-kabilah Yahudi yang diaspora itu kelak kembali ke Palestina.

Dan Kami berfirman sesudah itu kepada Bani Israil :“Diamlah di negeri ini, maka apabila datang masa berbangkit, niscaya Kami datangkan kamu dalam keadaan bercampur baur ( dengan musuhmu )”( Qur’an, 17 : 104 ).

Silih berganti penguasa menduduki Palestina ; mulai dari dinasti Assuria-Irak ( 732 SM ), Mesir ( 608 SM ), Caldea-Arab (605 SM ), Babilonia ( 586 SM ), Cyrus-Persia ( 538 SM ), Alexander-Macedonia ( 332 SM ), Romawi ( 63 SM ), Zanubia-Tadmur ( 267 M ), Romawi ( 272 M ), Khousru Parviz, raja Iran dari dinasti Sasania ( 614 M ), Romawi ( 628 M ), muslim dinasti Umawiyah, Abbasiah, Fathimiah ( 634-1099 M ), nasrani-salib ( 1099 M ), Shalahuddin Al Ayyubi-Mamaluk ( 1187-1291 M ), Ottoman-Turki ( 1516-1917 ), Inggris ( 1917-1948 ), zionis Israel ( 1948-2009 ) yang di-becking penuh Amerika dan sekutunya di Eropa.

Ketika Palestina dikuasai Romawi, Nabi Isa ( Yesus ) datang mengajak Bani Israel meninggalkan kesombongan, takhayul dan pengkhianatannya. Sebagian besar Bani Israel mengingkarinya.

“Telah dilaknati orang-orang kafir dari Bani Israil dengan lisan Daud dan Isa putera Maryam. Yang demikian itu, disebabkan mereka durhaka dan selalu melampaui batas ( Qur’an, 5 : 78).

Umar bin Khattab, pemimpin muslim yang pernah menaklukkan imperium Romawi, Mesir dan Persia, menerima kunci kota dari Uskup Agung Severinus – Pimpinan tertinggi Gereja Palestina ( al-’Ahdah al-’Umariyyah ) tahun 15 H/ 636 M . Khalifah Umar menyebutkan tanah Palestina berstatus wakaf, yang tak boleh dijual atau diserahkan pada non muslim.

Paus Urbanius II pada 27 November 1095 di Dewan Clermont, menggerakkan lebih dari 100.000 orang Eropa menuju Palestina untuk “memerdekakan” tanah suci dari orang Islam dan mencari kekayaan yang besar di Timur. Dipicu dari pembakaran gereja kristen terbesar di Yerusalem oleh Al Hakim, penguasa Mesir abad 11. Tindakan ceroboh yang menyimpang dari pakem Islam waktu itu. Banyak perampasan dan pembantaian di sepanjang perjalanan tentara salib, sebelum mencapai Yerusalem tahun 1099. Kota ini jatuh setelah pengepungan hampir lima minggu. 40.000 muslim dibantai. Warga Yahudi digiring ke sinagog untuk dibakar. Hanya tersisa empat orang Yahudi setelah pembantaian sadis pasukan salib. Semua orang Saracen dan Turki yang mereka temui, pria maupun wanita, mereka bunuh. Tumpukan kepala, tangan, dan kaki akan terlihat di jalan-jalan kota.

Perdamaian dan ketertiban di Palestina, yang telah berlangsung semenjak khalifah Umar, berakhir dengan pembantaian mengerikan. 20.000 tentara perang salib yang tinggal lalu membangun kerajaan katolik yang terbentang dari Palestina hingga Antakiyah, beribukota di Yerusalem, selama 88 tahun. Crack Des Cevalier, benteng istana mereka.

Salahuddin Al-Ayyubi lalu mengumpulkan seluruh kerajaan Islam di bawah benderanya dan mengalahkan tentara salib dalam pertempuran Hattin tahun 873 H/ 1187 M. Jumat, 2 Oktober 1187, Yerusalem berhasil direbut, kembali ke tangan muslim. Kompleks Al-Haram asy-Syarif oleh jenderal yang di Barat dikenal sebagai Saladin, dijadikan tempat ibadah muslim. Sultan pendiri dinasti Ayyubiyah di Mesir, Suriah, Irak, Mekah Hejaz, Diyar Bakr dan sebagian Yaman ini, juga mengganti salib di Kubah Shakhrah dengan sabit emas.

Berbeda dengan tentara salib, Shalahuddin memperlakukan warga Yerusalem dengan baik sesuai ajaran Islam yang murni. Tidak dendam untuk membalas pembantaian. Ia menghentikan pembunuhan ( sesuai Qur’an, 2 : 193-194 ), dan menunjukkan kasih sayang pada kaum nasrani lebih baik dibanding pemimpin mereka sendiri. Setelah Yerusalem, tentara perang salib melanjutkan perbuatan tak manusiawinya dan orang Islam meneruskan keadilannya di kota Palestina lainnya.

PEMBANTAIAN MEMILUKAN

Drama kematian ayah & anak akibat tembakan serdadu Israel. Mengiris kalbu.

Drama kematian ayah & anak akibat tembakan serdadu Israel. Mengiris-iris kalbu.

Entitas yang mendiami wilayah Palestina, memiliki wakil di parlemen di era imperium Utsmani dan memiliki tatanan sosial politik yang maju. Setelah kekalahan imperium Ottoman di Perang Dunia I, mulailah malapetaka beruntun menimpa rakyat Palestina sampai hari ini.

Tahun 1917 Deklarasi Balfour dicetuskan Menteri Luar Negeri Inggris untuk pembentukan negara Israel. Menyusul ribuan imigran Yahudi dari berbagai penjuru dunia datang menempati tanah milik rakyat Palestina yang telah mereka usir dengan aneka teror. Selama periode ini, para pemimpin dan pejuang Palestina satu persatu dibunuh. Bahkan untuk menarik simpati dunia, Israel mengebom kapalnya sendiri hingga menewaskan ratusan imigran Yahudi lalu menuding pelakunya pejuang Palestina. Seperti juga, Israel tak segan mengebom klub warganya sendiri di kawasan padat penduduk demi membebaskan diri dari perjanjian Oslo. Provokasi terbaru, Israel menuduh Hamas melempar roket ke wilayah Israel duluan, sehingga Israel merasa berhak membalas dengan tidak proporsional, menghabisi warga Gaza.

Sedikitnya, ada 43 peristiwa pembantaian besar terjadi di Palestina sejak tahun 1929 ( “Kebangkitan Tembok Ratapan” ). Paling memilukan, diantaranya ; pembantaian di kamp pengungsi Palestina, Sabra-Shatilla, di Libanon yang memakan korban 14.000 jiwa pada tahun 1982. Korban tewas terus bertambah hingga 19.000 orang, akibat luka dan efek senjata kimia. Pelaku kekejaman ini mendiang perdana menteri Israel, Ariel Sharon beserta serdadunya yang membantu kelompok Phalangis Kristen Libanon, sehingga ia dijuluki tukang jagal dari Libanon.

Maret 2002, pembantaian sadis berulang di kamp Jenin yang dihuni 15.000 pengungsi Palestina. Masjid Aqsha di Yerusalem telah lebih 100 kali di serang tentara Israel juga ekstremis Yahudi yang menjadi anggota sekte rasis semacam ; Irgun, Stern, Gush Emunim, Haganah dsb. Penembakan dan pengeboman di kamp Khan Yunis yang dihuni 130.000 pengungsi. Masih hangat dalam ingatan kita, Januari 2009, Gaza digempur pasukan Israel dari darat, laut dan udara, menewaskan lebih 1300 warga Gaza.

Ibu & 3 anaknya, korban pembantaian tentara Israel di kamp Jenin.

Ibu & 3 anaknya, korban pembantaian pasukan Israel di kamp Jenin yg dihuni 15.000 pengungsi Palestina.

Diluar itu, selama 80 tahun, beberapa warga Palestina dibunuh tiap harinya, dari bayi, anak-anak, dewasa hingga jompo dan cacat, pria wanita, melalui beragam penyiksaan dan cara kematian. Ditembak, dilindas, dibakar hidup-hidup, didinamit, diroket, dirudal dan dibom. Setelah sebelumnya dikepung, diintimidasi, ditelanjangi, dipermalukan, diperkosa, dikebiri, disayat-sayat di depan orang tua, pasangan atau anaknya. Sungguh diluar batas.

DUKA PALESTINA HARI INI

29 November 1947 PBB lewat Resolusi 181 mengalokasikan 56.5% wilayah Palestina untuk pendirian negara Yahudi, 43% untuk negara Arab, dan Yerusalem menjadi wilayah internasional. Kini, tanah yang dipaksakan Israel untuk bangsa Palestina kurang dari 22% dari wilayah Palestina sebenarnya, dikepung oleh tentara Israel. Berupa gurun tandus yang dipisahkan satu sama lain dengan jalan-jalan yang hanya dapat digunakan oleh orang-orang Yahudi. Perbatasan, udara, dan air tanah di bawah kendali Israel.

Secara sepihak, parlemen Israel menetapkan Yerusalem sebagai ibu kota Israel, padahal PBB sudah menetapkan kota ketiga tersuci Islam itu zona internasional. Tahun 1987 dimulai gerakan intifadah rakyat Palestina. Tahun 2000, Hamas memimpin intifadah yang kedua.

Wilayah teritori Palestina yg kian menyempit oleh kerakusan Israel.

Wilayah teritori Palestina yg kian menyempit oleh kerakusan Israel.

Januari 2006, Hamas memenangi pemilu legilatif Palestina yang demokratis, mendudukkan Ismail Haniyah di kursi perdana menteri. Namun, pemerintahan pilihan rakyat ini diserang tiap hari oleh agen zionis. Pejabat tingginya dibunuh dan dipenjara. Juru bicara parlemen Palestina ditahan. 13.000 anak mendekam di penjara-penjara pengap Israel.

Hamas bersama warga Palestina terpaksa bertahan di Gaza, menghadapi embargo ekonomi, blokade fisik ( ditutup semua pintu perbatasan, seperti penjara raksasa ) di tengah serangan peluru, rudal, bom tercanggih pasukan terbiadab. Juga kebungkaman dunia.

Tanah Palestina, khususnya Yerusalem, adalah suci untuk orang Yahudi, Nasrani, dan Muslim. Sebagian besar nabi yang diutus Allah untuk memperingatkan manusia menghabiskan sebagian atau seluruh hidupnya di sini. Tapi yang terjadi hari ini, jauh dari keharmonisan dan persaudaraan yang diimpikan oleh tiga Nabi pembawa agama wahyu. Tugas generasi kita untuk memberi ketenangan hidup bagi saudara muslim kita di Palestina, membantu mereka meraih kemerdekaan, sekaligus mengembalikan perdamaian di Timur Tengah. Dengan segala upaya, pengaruh dan kontak kita dengan masyarakat dunia.

Kejahatan di 2 menara ( Sauron/ AS & kacungnya Saruman/ Israel ) yg kian merajalela, sudah saatnya kita hentikan.

Kejahatan di 2 menara ( Sauron/ AS & kacungnya, Saruman/ Israel ) yg kian merajalela, sudah saatnya kita hentikan.

Mahalnya kebutuhan hidup, sulitnya mendapat pekerjaan layak dan ketidakamanan dunia saat ini, pusarannya dimulai dari kawasan ini. Ketika, AS dan sekutu mempertahankan kemenangan dan hegemoni dengan menaruh serigala piaraannya di jantung musuh lalu menebarkan ideologi sekuler kapitalis ke seluruh dunia. Mari kita seperti Frodo, keluar dari zona nyaman kita, bertarung dengan segala kecerdikan dan keahlian kita, menghentikan kejahatan Sauron ( AS ) dan Saruman ( Israel ). Sebelum kegelapan mencekik kita dan menyuramkan kampung halaman tercinta. Indonesia. Merdeka ! ( Sav/ pelbagai sumber ).

hit counters
hit counter
Iklan
Tagged with:

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Fathy Farhat khan said, on 04/11/2009 at 07:50

    Assalamu’alaikum, salam kenal….Subhanallah, tulisan yang selain memberikan pencerahan ide baru juga sangat inspiratif kawan, nice blog, keep on blogging!!! artikel-artikel untuk menjadi muslim kaya juga bisa aku temukan di sini : http://muslim-kaya.blogspot.com/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: