dari Palestina sampai Indonesia

Kudeta di Honduras, antara militer dan Washington

Posted in internasional by nurray on 07/07/2009

Organisasi Negara2 Amerika ( Organization of American States/ OAS ) mencoret keanggotaan Honduras setelah pemerintahan sementara yang disokong militer mengabaikan batas waktu, Sabtu ( 4/7/2009 ), yang ditetapkan untuk mengembalikan Manuel Zelaya ke kursi presiden. OAS didirikan untuk menguatkan kerjasama politik dan reformasi negara2 di Amerika Tengah.

Zelaya dikudeta, 28 Juni lalu, menyusul rencananya melaksanakan referendum perubahan konstitusi yang memungkinkan Zelaya menjadi presiden lagi. Menindaklanjuti pengumuman OAS itu, Zelaya mengatakan akan kembali ke Honduras, Minggu ( 5/7/2009 ) waktu setempat. Zelaya meminta para pendukungnya menyambut kedatangannya.”Kami akan muncul di Bandara Internasional Honduras … dan Minggu akan berada di Tegucigalpa,” kata Zelaya usai mengikuti pertemuan darurat OAS di Washington DC, Sabtu.

Lebih dari 10.000 pendukung Zelaya berkumpul dekat istana kepresidenan yang dijaga ketat. Massa menyatakan kesiapannya menyambut kedatangan Zelaya.

Oscar Andres Rodrigues, pemimpin tertinggi Gereja Katolik di Honduras, meminta Zelaya agar tidak kembali ke Honduras, agar tidak terjadi pertumpahan darah.”Hingga saat ini, tak ada warga Honduras yang mati. Silakan renungkan, sebelum semuanya terlambat.”

Zelaya mengatakan, dia akan ke Honduras bersama presiden Argentina, Cristina Fernandez dan presiden Ekuador, Rafael Correa, juga beberapa menteri luar negeri dan 300 jurnalis. Dalam kesempatan itu Zelaya meminta pendukungnya untuk tidak membawa senjata saat menyambutnya.”Biar mereka menjadi satu-satunya yang menggunakan kekerasan, senjata dan represi,”tutur Zelaya. ( AP/Al Jazeera/PR, 6/7/2009 )

Komen Nurray : sepertinya pergolakan di berbagai belahan bumi masa kita, berkaitan dengan Amerika atau muslim. Kemarin, dikabarkan 20 tewas pasca pilpres Iran ( Barat memprovokasi sebagian warga Teheran untuk memprotes hasil pilpres ), lalu 140 tewas dalam kerusuhan di China, ( karena warga muslim dianiaya ), kemudian Honduras yang menolak referendum presidennya ( Amerika membecking Zelaya demi agenda tertentu ). Bagaimana akhir ( azab ) si imperalis dan ( berkah ) yang tertindas ?

free html visitor counters
hit counter
Iklan
Tagged with: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: