dari Palestina sampai Indonesia

Dukungan rakyat untuk KPK, menuntaskan kasus korupsi

Posted in indonesia by nurray on 22/07/2009

KPK diancam bom beberapa kali

Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ), Kamis ( 16/7/2009 ) sekitar pukul 11.30 WIB menerima ancaman bom melalui telepon dari seorang tak dikenal. Juru bicara KPK, Johan Budi di Jakarta, Kamis sore itu menjelaskan, ancaman disampaikan seorang laki2 melalui telepon yang diterima bagian penerima tamu di Gedung KPK.

Gedung KPK

Gedung KPK

Orang tsb minta dihubungkan ke bagian pengelola Gedung KPK. Saat itu ia bilang telah meletakkan bom di tempat parkir Gedung KPK. Setelah petugas keamanan dalam KPK mencoba melakukan pencarian bom. Pejabat KPK lalu meminta bantuan polisi untuk pencarian lebih lanjut.

Pukul 16.15 WIB, Tim Gegana Polda Metro Jaya datang ke gedung KPK. Sedikitnya, 10 anggota Tim Gegana yang dilengkapi sejumlah peralatan, langsung memeriksa beberapa ruangan di lantai dasar Gedung KPK. Tim itu juga memeriksa lapangan parkir di sekitar gedung.

Sampai pukul 18.00 WIB tidak ditemukan bom, kata Johan, sembari menambahkan bahwa institusinya telah menerima ancaman bom beberapa kali. Rencananya, KPK dan polisi akan melakukan kerjasama rutin untuk mengantisipasi ancaman bom.

Dukungan rakyat untuk KPK, menuntaskan kasus korupsi

Masyarakat Peduli Pemberantasan Korupsi usai beraudiensi dengan pimpinan KPK di Gedung KPK, Jl.H.R. Rasuna Said, Jakarta, Kamis itu, memberi dukungan moril pada KPK. Mereka adalah Direktur Eksekutif Reform Institute, Yudi Latif, Ketua Masyarakat Profesional Madani, Ismet Hasan Putro, pakar komunikasi politik UI, Effendi Ghazali, praktisi hukum, Firman Wijaya dan pengamat politik, Ray Rangkuti.

Dukungan moral pada KPK untuk memerangi korupsi terus mengalir di tengah derasnya pukulan balik dari para koruptor yang bertekad melemahkan KPK. Dikatakan, KPK sebagai baris terdepan dalam upaya masif pemberantasan korupsi harus senantiasa diperkuat kewenangannya. Tidak alasan bagi instrumen negara atau institusi pemerintahan lain seperti Mabes Polri dan Kejaksaan Agung, bahkan presiden SBY sekalipun untuk mengusik eksistensi KPK.

Dukungan moril untuk KPK.

Dukungan moril untuk KPK.

Alasannya, KPK merupakan instrument negara yang memang dilahirkan untuk menjadi lembaga superbodi. Oleh karena itu, tidak patut dan tidak lazim bagi pemerintah utnuk mencoba mendistorsi peran dan kerja KPK.

“Kami menyambut gembira dan mengucapkan terima kasih terhadap antusiasme masyarakat yang ikut peduli terhadap keselarasan dan keberlangsungan KPK. Intinya, ada dukungan untuk KPK agar tetap bekerja dalam pemberantasan korupsi. Kita tak akan berhenti. Kami akan tetap bekerja dan memastikan agar semakin banyak koruptor yang kita tangkap. KPK tidak akan terpengaruh dengan isu yang beredar,” ujar Kepala Biro Humas KPK, Johan Budi.

Pada kesempatan itu, Ismet Hasan Putro mengatakan, upaya yang dilakukan oleh pihak tertentu termasuk menyebar fitnah, bahwa akan terjadi sesuatu pada pimpinan KPK merupakan hal yang bertujuan membusukkan KPK.

“Ini sangat tidak elok dalam konteks antar hubungan lembaga. Kami menegaskan, ada baiknya presiden Yudhoyono menjaga, melindungi dan mengawal secara konsisten upaya melakukan pemerintahan yang bersih dan berwibawa. Itu hanya bisa terwujud bila korupsi bisa diberantas KPK. Karena 2 instrumen yang lain, yakni kejaksaan dan kepolisian, harus diakui tidak bekerja maksimal dalam pemberantasan korupsi,”ucap Ismet.

Sebelumnya, beredar isu bahwa Polri dan Kejagung akan mengadakan gelar perkara kasus dugaan korupsi di kalangan pimpinan KPK, Rabu ( 15/7/2009 ). Disebut-sebut dalam pertemuan itu, Kejagung dan kepolisian akan menetapkan setidaknya 3 pimpinan KPK sebagai tersangka. ( Ant/PR, 17/7/2009 ).

Demo dukung KPK di Bandung

Belasan orang yang tergabung dalam Gerbong Bawah Tanah dan Perhimpunan Mahasiswa Bandung, berunjuk rasa di depan Gedung Sate, Kamis ( 16/7/2009 ). Mereka menyatakan dukungannya terhadap KPK dan menuntut upaya mengebiri lembaga tsb segera dihentikan.

Juru bicara demonstran, Aeng Anwar Sanusi mengatakan, KPK harus didukung karena sedang dikerdilkan oleh berbagai pihak.”Di mata dunia, Indonesia masih dipandang sebagai negara terkorup. Jika KPK dibubarkan, keadaan negara ini akan semakin hancur,”ujarnya.

Menurut Aeng, Indonesia masih membutuhkan KPK. Meski KPK belum sempurna dalam melaksanakan tugasnya, namun setidaknya KPK sudah melakukan tindakan nyata dan membuat para koruptor gentar. KPK sudah menunjukkan output yang jelas dalam pemberantasan korupsi.

Dalam pernyataan sikapnya, Gerbong Bawah Tanah dan Perhimpunan Mahasiswa Bandung, menyatakan dukungannya terhadap KPK. ( PR, 17/7/2009 )

free html visitor counters
hit counter
Iklan
Tagged with:

2 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Singal said, on 22/07/2009 at 15:31

    asal jangan tebang pilih…

  2. nurray said, on 04/08/2009 at 15:03

    @ Pak Singal :
    Pesanan tebang pilih kasus korupsi semula kebiasaan Kejaksaan Agung, tetapi oleh KPK kasus2 tsb dibongkar sehingga lembaga penegak hukum itu merasa dipecundangi, dipermalukan sehingga berbuah perlawanan mereka terhadap sepak terjang dan keberadaan KPK sekarang ini. Bersekongkol dengan oknum Polri, DPR, Departemen Kehakiman, BPKP, mereka menyeret Antasari Azhar ke tahanan, mengkriminalkan para pimpinan KPK yang lain, mempreteli wewenang KPK, menghambat pengesahan RUU Pengadilan Tipikor yang batas waktunya sudah mepet, dsb.
    Jika masih terkesan masih ada tebang pilih, ini karena beberapa instansi menghambatnya, seperti BPKP menarik 25 personel auditornya yang selama ini diperbantukan ke KPK, DPR menolak tambahan dana Rp. 90 milyar untuk KPK melakukan tugas2nya, ketua KPK ditahan karena skenario rekayasa pihak2 yang membencinya, dsb, sehingga ( mungkin ) dengan keterbatasan sumber daya ini terpaksa dilakukan prioritas penanganan perkara korupsi. Memandang kesan tebang pilih ini, para aktivis pemberantas korupsi memilih untuk mempertahankan KPK dan mematangkannya, daripada membubarkannya. KPK dan Pengadilan Tipikor harus kokoh berdiri, didukung masyarakat luas sebelum 19 Desember 2009 ( batas MK ), jika ingin rakyat sejahtera dan bahagia.
    Trims komennya. KPK adalah anak kandung reformasi, dukung Cicak ( gerakan Cinta Indonesia Cinta KPK ), ya pak.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: