dari Palestina sampai Indonesia

Indonesia bicara di kelas dunia, dalam kontes software, robot, suara dll

Posted in indonesia by nurray on 22/07/2009
Tim Big Bang di Imagine Cup 2009.

Tim Big Bang di Imagine Cup 2009.

Kelompok terpelajar Indonesia kembali menorehkan prestasi gemilang di kancah internasional, setelah tim Institut Teknologi Bandung ( ITB ) menjuarai Imagine Cup 2009 yang babak finalnya dilangsungkan di Kairo, Mesir, 3-7 Juli 2009 lalu. Prestasi gemilang sebelumnya, ketika 6 siswa SMA dari beberapa kota di Indonesia menjuarai Global Enterprise Challenge ( GEC ) 2009 di Skotlandia, akhir Juni lalu.

Imagine Cup merupakan kompetisi teknologi tahunan antar pelajar yang disponsori Microsoft. Tahun ini, jumlah peserta mencapai lebih 30.000 pelajar dari 100 negara. Tim ITB yang menamakan diri “Big Bang”, menjuarai kategori utama yaitu desain piranti lunak ( software ). Big Bang beranggotakan 4 mahasiswa, yakni Raden David Samuel, Doddy Dharma Ghazali, Dominikus Damas Putranto dan Samuel Simon, dengan seorang mentor, Ella Madanella Dwi Mustika.

Desain software yang mengantar kemenangan Big Bang dinamai MOSES ( Malarian Observation System and Endemic Surveillance ). MOSES menggabungkan keunggulan piranti keras, perangkat lunak dan sumber daya manusia untuk menyediakan layanan kesehatan, terutama dalam memberi diagnosis dan analisis terhadap pasien yang diduga terserang malaria, dengan cepat. Malaria salah satu penyakit tropis paling masif di dunia.

Manajer Public Relation PT.Microsoft Indonesia, Mona Moningka, menyebutkan, MOSES bertujuan mengurangi kematian akibat malaria, dengan mengandalkan kecepatan deteksi. Dengan penemuan ini, diharapkan penanganan malaria bisa dipercepat untuk menyelamatkan nyawa penderita, khususnya di daerah pedesaan yang terpencil.

Dengan MOSES, para petugas kesehatan di daerah terpencil, dibekali beberapa teknologi, dapat melakukan anamnesis terhadap penyakit tsb. Dalam presentasi di hadapan para juri, Tim Big Bang menciptakan karakter virtual ( avatar ) bernama Marceline, yang dapat membantu petugas mendiagnosa malaria.

Setelah seluruh data yang berhubungan dengan anamnesis tsb didapat, petugas dilengkapi alat PDAscope, yang terdiri modifikasi mikroskop plus PDA, dapat meneropong sampel darah yang diambil dari tubuh pasien. Sampel tsb kemudian dianalisis dengan neural network algorithm. Metode tsb mempercepat penentuan hasil, apakah sampel darah terjangkit penyakit malaria atau tidak.

Prestasi ITB di Imagine Cup bukan kali pertama ini. Tahun 2008, tim Antarmuka ITB berhasil meraih juara kategori khusus Rural Innovation Award di Paris, Perancis. Dalam situs resmi Imagine Cup, disebutkan bahwa prestasi senior ini turut memberikan motivasi pada mereka untuk ambil bagian dalam kompetisi tsb.”Kami terdorong untuk meraih sukses tertinggi tahun,” tulis mereka.

Mengenai alasan memilih berkompetisi di kategori utama desain software, mereka menjelaskan bahwa software memiliki kuasa besar. Perkembangan teknologi desain software terbaru dapat membantu perubahan signifikan pada masyarakat yang membutuhkan bantuan dan pertolongan.

Selain meloloskan tim ITB sebagai juara di kategori Mobile Device Award, Indonesia juga mengirimkan beberapa wakilnya ke babak final di berbagai kategori yang dilombakan, yakni tim Universitas Indonesia ( UI ) dengan projek “Bahari” dalam kategori Embedded Development, tim Universitas Gadjah Mada ( UGM ) dengan projek “Traffstopper” untuk melacak korban perdagangan manusia, serta tim “Latansa”, juga dari UI, yang membuat teknologi penopang perawatan pasien tuberculosis ( TBC ). ( PR, 11/7/2009 )

Komen Nurray : Sebelumnya, tim robot dari Unikom, Bandung juga memenangi kontes robot di Amerika, lalu tim Etnic Choir Elfa juga menjuarai kompetisi tahunan di luar negeri. All of you make us proud. God job, guys !

free html visitor counters
hit counter
Tagged with:

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. jerzz said, on 22/07/2009 at 14:26

    visit my blog again
    http://jerzz.wordpress.com/
    http://blackercomputerz.wordpress.com/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: