dari Palestina sampai Indonesia

Wapres Salehi, profesor fisika, pimpin program nuklir Iran

Posted in dunia muslim by nurray on 22/07/2009

Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad, Jumat ( 17/7/2009 ), menunjuk orang baru untuk memimpin program nuklir Iran, menyusul pengunduran diri dari kepala sebelumnya, Gholam Reza Aghazadeh.

Ali Akbar Salehi, wapres Iran mendampingi presiden Ahmadinejad.

Dr.Ali Akbar Salehi, wapres Iran mendampingi presiden Ahmadinejad.

Pengganti Aghazadeh, Ali Akbar Salehi, adalah ahli ilmu fisika lulusan Amerika yang juga mantan perwakilan Iran untuk lembaga pengawas nuklir PBB. Ali ditunjuk sebagai wakil presiden sekaligus kepala Energi Atom Iran yang baru, menggantikan Aghazadeh, seorang veteran yang mengundurkan diri.

Penunjukkan dilakukan di tengah2 situasi politik di Iran yang belum mereda menyusul pertentangan hasil pilpres bulan lalu. Pihak berwenang tak memberi alasan pengunduran diri Aghazadeh. Namun, diketahui sejak lama Aghazadeh dekat dengan pemimpin oposisi Mir Hossein Mousavi, yang mempermasalahkan hasil pilpres.

Penggantian tsb tampaknya akan merubah kebijakan nuklir Iran dan berdampak pada hubungan Iran dengan negara2 Barat. Negara Barat menuding program nuklir Iran sebagai langkah Iran memproduksi senjata nuklir. Iran membantah, dengan menjelaskan pengayaan uranium untuk memenuhi kebutuhan energi bagi warga sipil.

Saat menjabat di Lembaga Energi Atom Internasional PNN, Salehi dikenal baik oleh diplomat2 Barat dan para pejabat PBB. Salehi bergelar doctor dalam bidang ilmu nuklir dari MIT, AS. Ia juga bergelar profesor dan pernah menjadi rektor di Universitas Teknologi Sharif di Teheran. Tak kalah dengan Salehi, Aghazadeh juga mendapat penghormatan sebagai “Bapak Program Nuklir Iran.”

Aksi demo & khotbah Rafsanjani dijaga agar tidak membesar.

Pada hari yang sama, demonstrasi baru dari massa pendukung Mousavi kembali digelar di Teheran. Sebelumnya, Akbar Hashemi Rafsanjani menyatakan Iran berada dalam krisis usai perpecahan pasca pilpres yang berbuntut pada kekerasan.

Rafsanjani mendesak pemerintahan Ahmadinejad untuk segera membebaskan orang2 yang ditangkap saat kerusuhan.”Kami semua adalah keluarga. Saya berharap dengan khotbah Jumat ini, kita dapat melewati periode krisis ini,” katanya.”Kita seharusnya mengizinkan mereka kembali bersama keluarga mereka.”

Dilaporkan sejumlah saksi, polisi anti huru-hara dan kelompok siaga muslim, disebarkan di sejumlah jalan, di dekat Universitas Teheran, tempat Rafsanjani berkhotbah Jumat, mencegah terjadinya demonstrasi yang lebih besar. Beberapa orang ditangkap dan polisi menembakkan peluru karet untuk membubarkan kerumunan massa. ( AP/AFP/PR, 18/7/2009 )

free html visitor counters
hit counter
Iklan
Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: