dari Palestina sampai Indonesia

50 luka dalam ledakan bom mobil di Spanyol. ETA ?

Posted in internasional by nurray on 04/08/2009

Satu bom mobil meledak di luar barak markas polisi di bagian utara Spanyol mengakibatkan sedikitnya 50 orang luka berat dan ringan. Tidak ada korban tewas dalam serangan bom yang diduga dilakukan kelompok separatis Basque, ETA.

Ledakan bom yang sangat kuat terjadi Rabu ( 29/7/2009 ) pukul 4 di kota Burgos. Bom menghancurkan bagian depan barak markas garda polisi sipil dan meninggalkan lubang cukup besar di jalan depan gedung modern itu. Polisi mengatakan, 46 orang, termasuk 22 wanita dan 6 anak yang tinggal di barak terluka.

Delegasi pemerintah Spanyol bagi kawasan Catilla Leon, Miguel Alejo mengatakan, jika melihat serangannya, sepertinya itu dilakukan oleh kelompok ETA. Ia mengatakan kepada wartawan bahwa sebelumnya tidak ada telefon ancaman serangan bom seperti yang dilakukan oleh kelompok ETA, sehingga pihak berwenang bisa mengevakuasi sehingga tak jatuh korban.

Selama 41 tahun terakhir, ETA melancarkan serangan dengan sasaran garda sipil. Kelompok ini mengkampanyekan serangan itu sebagai upaya Basque memisahkan diri dari Spanyol dan wilayah barat daya Perancis. Uni Eropa dan AS menganggap ETA kelompok teroris, yang dituduh bertanggung jawab atas tewasnya 825 orang.

Televisi publik Spanyol bulan lalu melaporkan bahwa peta jalan baru dari rencana strategi ETA adalah komitmennya untuk melakukan kekerasan untuk mencapai tujuan.”Teroris meyakini bahwa kemerdekaan Basque adalah tujuan yang tak bisa diubah. Hanya dengan ETA tak ada lagi yang terbunuh,”demikian dilaporkan TVE yang mengutip satu dokumen strategi kelompok itu.

Serangan Rabu itu dilakukan hanya 2 hari sebelum peringatan 50 tahun berdirinya ETA padia 31 Juli 1959. ETA didirikan oleh mahasiswa nasionalis yang terinspirasi oleh ajaran Marxist-Leninist. Koran El Mundo terbitan Minggu melaporkan bahwa pasukan keamanan telah disiagakan setelah menerima informasi dari Perancis bahwa ETA berencana membawa 3 mobil van yang berisi bahan peledak ke Spanyol. Miguel Alejo mengatakan bahwa mobil pertama yang diinformasikan teryata tidak digunakan dalam serangan di Burgos. Sementara, sisanya berada di sekitar lokasi kejadian.

Pemerintah sosialis yang dipegang perdana menteri Jose Luis Rodriguez Zapatero melakukan tindakan keras terhadap kelompok separatis ini. Jose berulang kali menyatakan tidak akan melakukan negosiasi baru dengan kelompok itu. Gencarnya operasi yang dilakukan oleh polisi Spanyol dan Perancis telah melemahkan perjuangan kelompok ETA. ( AFP/AP/PR, 30/7/2009 )

Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: