dari Palestina sampai Indonesia

Taliban sepakat gencatan senjata jelang pilpres 20 Agustus 2009

Posted in afganistan by nurray on 04/08/2009

Sejumlah pejabat lokal Afganistan untuk pertama kalinya menyepakati gencatan senjata lokal dengan kelompok milisi Taliban. Kesepakatan diambil sebagai persiapan menjelang pemilu presiden ( pilpres ) bulan Agustus, ungkap jubir presiden Hamid Karzai, Siamak Herawi, Senin ( 27/7/2009 ).

Pra kesepakatan telah tercapai di barat laut provinsi Baghis akhir pekan lalu, sehari setelah Mohammed Qasim Fahim, kandidat wakil presiden pendamping Karzai diserang. Gencatan senjata ditetapkan Sabtu ( 25/7/2009 ) di distrik Bala Murghab, provinsi Bagdhis melalui mediasi pejabat pemerintah dan tokoh berpengaruh di provinsi itu.

Sejauh ini belum ada komentar lebih lanjut dari Taliban mengenai kesepakatan tsb. Ini pertama kalinya kesepakatan berhasil dilalui pemerintah. Terobosan ini akan menjadi model bagi provinsi lainnya. Setelah 20 tahun bernegosiasi, satu dokumen akhirnya ditandatangani kedua belah pihak. Taliban sepakat untuk menarik kekuatannya dari 3 wilayah kunci di Bala Murghab. Dengan kesepakatan itu, pemimpin lokal akan mengambil tanggung jawab dan akan mengizinkan pemerintah untuk menetapkan kantor2 pemilu. Sementara, para kandidat presiden ( 41 capres ) dan dewan provinsi akan bisa mulai berkampanye.

Pilpres Afganistan akan digelar 20 Agustus mendatang. Pilpres itu sekaligus menjadi ujian penting bagi AS dan NATO untuk menerapkan demokrasi di Afganistan yang selama 8 tahun dilanda konflik dan peperangan. Pilpres ini yang kedua di Afganistan setelah tumbangnya Taliban. Dalam pemilu tsb dipilih juga wakil2 dewan provinsi.

Meningkatnya kekerasan dan perlawanan yang dilakukan milisi Taliban telah menambah kekhawatiran bahwa pilpres akan diwarnai berbagai gejolak. Gelombang serangan milisi Taliban di seluruh pelosok negeri itu selama akhir pekan telah menewaskan 22 orang, termasuk korban dari milisi Taliban, 1 tentara asing, 2 tentara Afganistan.

Sementara itu, sekelompok orang bersenjatakan senapan mesin dan roket melancarkan serangan terhadap 50 lebih kendaraan yang yang membawa Mohammed Qasim Fahim ke provinsi Kunduz, utara Afganistan. Mohammed luput dari serangan di provinsi yang bertetangga dengan provinsi Takhar, tempat perlawanan Taliban berlangsung.

“Mereka melepaskan tembakan sepasang granat berpelontar roket ( RPG ) dan senjata mesin. Namun, roket itu tidak mengenai satu pun kendaraan. Tak ada yang terluka, kata gubernur Kunduz, Mohammad Omar. Serangan dilancarkan kurang dari sebulan sebelum pilpres kedua digelar. Kendati mendapat kecaman dari lawan2 politiknya, Hamid Karzai diperkirakan akan kembali memenangi pemilu sekaligus memperpanjang jabatannya. ( AFP/Al Jazeera/PR, 28/7/2009 )

hit counters
hit counter
Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: