dari Palestina sampai Indonesia

Indonesia Unite, promosikan Indonesia ke dunia

Posted in indonesia by nurray on 19/08/2009
Logo Indonesia Unite

Logo Indonesia Unite

Jangan tanya siapa ketua. Jangan tanya pula, bagaimana struktur organisasi ini. Indonesia Unite ( IU ) bukan organisasi, bukan LSM, apalagi partai politik. Indonesia Unite adalah gerakan yang muncul sebagai reaksi atas terjadinya ledakan bom di hotel J.W.Marriott-Ritz Carlton di Jakarta, pada 17 Juli 2009 lalu.

IU berasal dari beberapa orang yang intens berinteraksi melalui berbagai macam jejaring sosial internet, seperti Twitter, Facebook dan Plurk. Hebatnya, hanya dalam beberapa hari, jumlah simpatisannya terus bertambah. Bahkan menurut Panji Pragiwaksono, saat ditemui di BSM, Kamis ( 13/8/2009 ), respon paling awal yang mendukung gerakan IU adalah masyarakat asing. Mereka seperti mendapat informasi lain, sebuah semangat, yang justru datang dari generasi muda Indonesia yang menyatakan Indonesia tidak takut teroris !

Awal kehadiran IU memang untuk menginformasikan kepada seluruh bangsa2 di dunia bahwa bangsa Indonesia sangat mencintai Indonesia, bangsa Indonesia tidak takut teroris. Atas dasar itulah, begitu banyak respon yang muncul dari berbagai bangsa di dunia dan men-support gerakan ini. Beberapa di antaranya datang dari Inggris, Amerika, Jepang, Australia, Thailand, Filipina, Singapura dan Pakistan. Gerakan ini juga dirilis berbagai media asing, seperti CNN, CNBC dan berbagai televisi/ radio asing lainnya. Pertanyaan yang paling banyak disampaikan mereka adalah bagaimana kondisi Indonesia sekarang dan apa yang bisa saya bantu untuk Indonesia ? Mereka antusias sekali.

Sambutan ini terus merembet ke seluruh generasi muda pengakses dunia maya. Mereka bukan saja datang dari perseorangan, tetapi juga dari berbagai organisasi dan yayasan. Ibarat bola salju, gerakan ini terus membesar dengan mengusung 5 tujuan, yakni ;

  • Sebarkan semangat Indonesia Unite
  • Katakan dan tunjukkan bahwa kita tidak takut dengan segala tindakan intimidasi terorisme
  • Gunakan atribut Merah & Putih dengan bangga
  • Dukung usaha lokal
  • Promosikan Indonesia ke dunia

Dukungan dari dalam negeri menyusul karena di Indonesia orang cenderung menggunakan FB untuk berinteraksi sosial. Sedangkan IU muncul perdana di Twitter. Namun setelah masuk FB, sambutan masyarakat dalam negeri pun sama “gilanya” dengan masyarakat luar. Salah satu media on line menyebutkan, IU mendapat 20.000 pendukung di FB. Bahkan, aksi nasionalisme warga Indonesia yang didengungkan IU berhasil memuncaki topik paling populer di Twitter sebagai situs micro blogging. Padahal, topik yang menyuarakan ketidakgentaran terhadap teroris, sulit sekali masuk “10 besar” Trending Topics Twitter.

Para simpatisan pendukung dalam negeri langsung memasang bendera Merah Putih sebagai ikon Indonesia Unite di setiap jejaring sosial yang mereka pakai. Baik itu di Twitter, FB, blog, Plurk atau situs web. Apakah itu jejaring sosial atas nama perseorangan ataupun kelompok, pokoknya memakai label bendera Merah Putih. Itulah dukungan yang mereka berikan.

Gerakan ini terus menyebar, tidak saja secara on line di internet tapu juga off line. Beberapa penggerak mengadakan berbagai acara dengan spirit yang sama : “Indonesia tidak takut teroris”. Gerakan off line ini pun mendapat sambutan luar biasa. Beberapa kota mulai menambah keanggotaan di internet dan mengadakan kegiatan secara off line juga. Seperti Indonesia Unite di Jakarta ( terdapat beberapa ), Bogor, Medan, Palembang, Yogyakarta, NTT, Ambon dan Papua.

Ternyata generasi muda yang selama ini dianggap skeptis justru mempunyai kebanggaan luar biasa terhadap Indonesia. Mereka aware sekali dengan Indonesia, bukan saja untuk eksistensi Indonesia di dalam, tetapi juga luar negeri. IU tidak dipimpin atau diketuai oleh siapapun. IU bergerak sendiri dengan semangat keindonesiaannya. Begitu juga dengan IU, entah siapa yang membuat situs web pertama di Twitter, tidak tahu siapa yang menggerakkan ini di dunia maya. Indonesia Unite benar2 bergerak sendiri.

Kendati begitu, ada beberapa nama yang kerap muncul bila IU mengadakan off line, seperti Aulia, Alexander, Glenn Fredly, Sycogy, Liguina Hananto dan Panji Pragiwaksono. Ada juga simpatisan lain dari kalangan penggerak partai besar, artis, termasuk Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik. Semuanya tumplek mendukung Indonesia Unite.

Hal sama terjadi bila gerakan ini mengadakan acara. Selalu saja ada pihak2 yang men-support. Contohnya, saat IU hadir di Bandung. Acara yang menghadirkan testimoni warga asing yang tinggal di Bandung dan aksi donor darah ini mendapat dukungan dari salah satu mal besar di Bandung dan salah satu stasiun radio remaja.

“Kita sebenarnya ingin memberi warna lain dalam merayakan kemerdekaan. Lagi pula, gerakan Indonesia Unite tentu saja harus kita dukung. Semangat kebangsaan yang tinggi dari generasi muda Indonesia saat ini,” ujar Triya Fillia Santi, Public Relations Bandung Super Mall ( BSM ), yang menggelar IU di Bandung. ( PR, 16/8/2009 )

Komen Nurray :

Saya sempat mengernyitkan dahi ketika melihat Indra Bekti dan Olga di acara “Ceriwis pagi”- Trans TV, begitu heboh memperkenalkan diri sebagai artis top Indonesia kepada kapten, penumpang kapal pesiar, pelayan, tamu restoran, staf FO, tamu hotel, petugas bandara, penumpang pesawat, para pejalan kaki, serta semua orang yang mereka temui di Washington. Mereka dari berbagai ras dan kewarganegaraan. Kita tahu gaya norak Indra, Olga yang memancing perhatian dan tawa.

Melihat salah tujuan Indonesia Unite adalah mempromosikan Indonesia ke dunia, saya mulai mengerti ulah Indra dan Olga. Keduanya mungkin pendukung berat IU. Ya, kita punya cara sendiri untuk mengekspresikan kecintaan kita pada tanah air. Dalam perspektif ini, ulah konyol Indra dan Bekti terasa mengharukan.”Do you know me ? Do you know Indonesia ?”


free html visitor counters
hit counter

Iklan
Tagged with: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: