dari Palestina sampai Indonesia

CIA menyiksa tahanan teroris. Tim elit Obama akan menghukum ?

Posted in afganistan, internasional, irak by nurray on 26/08/2009

Biro Etika Departemen Kehakiman Amerika Serikat ( AS ) telah merekomendasikan pembukaan kembali lusinan kasus penyiksaan terhadap tahanan khususnya teroris, Senin ( 24/8/2009 ). Pembukaan kasus ini berpotensi mengancam para pejabat Central Intelligence Agency ( CIA ) dan sejumlah kontraktor. Tak tertutup kemungkinan mereka akan dituntut atas penyiksaan tahanan teroris. Rekomendasi pembukaan kembali dilakukan Biro Tanggung Jawab Profesional Departemen Kehakiman AS pada Jaksa Agung Eric Holder.


Departemen Kehakiman akan mengungkapkan detail baru dari inspektur jenderal CIA tentang penyiksaan tahanan yang terjadi tahun 2004. Namun, hingga berita ini diturunkan, laporan tsb tidak pernah dirilis. Inspektur jenderal menemukan interogator CIA menggunakan pistol dan bor listrik untuk menakuti komandan Al-Qaeda, Abd al-Rahim al-Nashiri, agar memberikan informasi. Nashiri tertangkap November 2002 dan sudah ditahan selama 4 tahun di penjara rahasia CIA, yang menjadi salah satu dari 3 pemimpin Al-Qaeda yang mengalami waterboarding. Pemeriksa menggunakan berbagai cara termasuk ancaman nyawa atau cedera serius jika Nashiri menolak bekerja sama.


Penemuan itu awalnya dianggap tak layak diajukan sebagai tuntutan, sehingga mereka memutuskan untuk menutup kasus tsb. Namun, Holder ketika menjabat dan melihat sejumlah catatan terkait kasus tsb, memutuskan kembali mempertimbangkannya. Akhirnya dibuatlah surat rekomendasi peninjauan kembali kasus2 yang ditutup, termasuk memperbarui penyidikan, khususnya tuduhan penyiksaan terhadap para tahanan di Irak dan Afganistan.


Presiden AS, Barrack Obama, sudah menyatakan persetujuannya untuk segera membentuk tim elite khusus yang menangani kasus penyiksaan tahanan teroris. Keputusan Obama merupakan upaya memperluas perubahan kebijakan AS terhadap penahanan dan proses interogasi. Pekan lalu Obama sudah menandatangani pembentukan unit Kelompok Interogasi Tahanan Bernilai Tinggi ( High Value Detainee Interrogation Group/ HIG ). Kelompok tsb beranggotakan para ahli dari beberapa intelijen dan badan2 penegak hukum serta pejabat di FBI. Kelompok tsb akan diawasi Dewan Keamanan Nasional. Dengan dibentuknya unit itu berarti Obama memindahkan pusat poros dari CIA dan menyerahkan pengawasan langsung ke Gedung Putih.


Obama telah merombak proses interogasi dan penahanan segera setelah ia menjabat presiden, termasuk membentuk kebijakan satuan tugas dalam interogasi dan pemindahan tahanan. Kebijakan satuan tugas yang akan segera dipublikasikan, merekomendasikan unit interogasi baru, bersama dengan perubahan cara pemindahan tahanan luar negeri. ( PR, 25/8/2009 )


Nashiri di waterboarding CIA, Obama selidik CIA, kubu Republik marahin Obama.


Kebijakan anti teror presiden Obama dengan membentuk tim elite interogasi baru yang independen menimbulkan kemarahan kubu Republik, diwakili sejumlah politisi seniornya. Selembar surat kekecewaan yang ditandatangani 9 orang telah disampaikan kepada Jaksa Agung AS, Erick Holder, karena keputusan itu berdampak pada pekerjaan komunitas intelijen.


Senin ( 24/8/2009 ), Erick mengangkat penyidik khusus John Durham untuk mengungkap tudingan penyiksaan tahanan CIA. Langkah tsb upaya terakhir pemerintah AS menghilangkan kerapuhan kebijakan tindakan antiteror yang dilakukan George W.Bush yang dipandang melanggar hukum. Holder menyadari sepenuhnya bahwa keputusan memulai penyelidikan ini menjadi kontroversi besar. Kasus ini akan memberikan semua informasi yang ada.


Pengumuman terpilihnya John Durham menyusul laporan terperinci penyiksaan tahanan tersangka teroris oleh agen2 CIA. Durham pernah menyelidiki rekaman video interogasi CIA yang telah dimusnahkan. Penyelidik khusus diangkat dari tokoh2 independen untuk mencegah kemungkinan terjadinya penyalahgunaan wewenang dari pejabat pemerintah atau badan lainnya.


Tugas Durham diantaranya ; menyelidiki kebenaran tentang teknik interogasi di penjara rahasia CIA. Dalam dokumen disebutkan, interogator CIA mengorek keterangan dengan mengancam membunuh anak2 tersangka teroris, seperti Khalid Sheikh Mohammed, tertuduh pelaku pengeboman WTC. Interogator juga mengancam akan memperkosa ibu tahanan lain, yang disangka anggota Al-Qaeda.

Penjelasan water boarding.

Penjelasan water boarding.

Seorang tahanan muslim sedang disiksa dengan teknik water boarding agar agen CIA mendapat informasi.

Seorang tahanan muslim sedang disiksa dengan teknik water boarding, agar agen CIA mendapat informasi.

“Para interrogator mengatakan pada Mohammed bahwa jika ada peristiwa lain di AS, kami akan membunuh anak-anakmu,” demikian isi dokumen resmi CIA yang disiarkan Departemen Kehakiman. Mohammed ditahan di penjara rahasia CIA sampai 2006, sebelum dipindahkan ke pusat tahanan AS di Teluk Guantanamo, Kuba.


Terhadap tersangka lain, para interogator berusaha menggiring Abd Ar-Rahim An-Nashiri, tersangka pengebom USS Cole, agar percaya bahwa perempuan anggota keluarganya akan mengalami pelecehan seksual di depan matanya kalau ia tak memberi keterangan mengenai serangan teror yang direncanakan.


“Kami dapat membawa ibumu ke sini,” kata seorang interogator pada Nashiri. Interogator tampaknya memanfaatkan kekhawatiran yang luas di kalangan masyarakat Timur Tengah terhadap pelecehan seksual pada perempuan anggota keluarga mereka. Teknik semacam itu biasa digunakan untuk mengorek keterangan dari seorang tahanan. Dokumen yang disiarkan inspektur jenderal CIA itu memperlihatkan teknik2 tidak sah yang dicap oleh para pengeritik sebagai penyiksaan. Nashiri ditangkap November 2002 dan ditahan selama 4 tahun di penjara rahasia CIA, menjadi obyek penyiksaan waterboarding, yaitu disiram air terus menerus hingga nyaris tewas terbenam. ( PR, 26/8/2009 )


hit counters
hit counter
Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: