dari Palestina sampai Indonesia

Palestina merdeka 2 tahun lagi. Sekarang puasa seadanya.

Posted in palestina by nurray on 26/08/2009

PM Palestina, Salam Fayyad, Selasa ( 25/8/2009 ) mengungkapkan rencana pemerintahannya untuk membentuk negara Palestina merdeka secara de facto dalam 2 tahun. Rencana diungkapkan di tengah2 proses perdamaian dengan Israel yang mengalami pasang surut. Fayyad berjanji akan membangun infrastruktur dan lembaga2 yang dibutuhkan untuk berdirinya sebuah negara merdeka.

Seorang bocah sahur di reruntuhan Gaza dengan penerangan seadanya.

Seorang bocah sahur di antara reruntuhan Gaza dengan penerangan seadanya, di bulan Ramadhan 2009.

Ambisi tsb sudah dituangkan dalam satu dokumen setebal 65 halaman, diantaranya memuat pembangunan bandara internasional baru di Lembah Yordan dan jalur rel kereta api yang menghubungkan Palestina dengan negara tetangga. Ambisi tsb dijadwalkan terwujud dalam 2 tahun mendatang dan secara efektif akan membentuk secara de facto negara Palestina yang merdeka, dengan atau tanpa kerja sama dengan Israel.


“Pemerintah akan bekerja keras untuk mendorong investasi di Palestina, menawarkan pemotongan pajak bagi penanam modal asing atau lokal, meninjau ulang regulasi investasi, serta membuang semua penghalang yang menghambat investasi,”ungkap dokumen tsb. Palestina berencana membangun infrastruktur, menjamin sumber energi dan air, membangun perumahan, sarana pendidikan dan pertanian.


“Setelah 16 tahun ( gagal mewujudkan perdamaian ), mengapa tidak ada perubahan wacana ?” ungkap Fayyad dalam wawancaranya dengan media Inggris, The Times.”Kami memutuskan untuk proaktif, mempercepat mengakhiri pendudukan melalui kerja keras membangun lembaga dan infrastruktur positif di lahan kami sendiri, dan tetap konsisten mempertahankan kepemilikan negara kami.”


Palestina ingin menjadi negara merdeka ( independen ) di semua wilayah yang diduduki Israel selama Perang Timur Tengah pada tahun 1967, dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya. Namun, PM Israel, Benjamin Netanyahu telah menolak komitmennya untuk memulai negosiasi damai antara 2 negara yang sudah puluhan tahun berseteru itu.


Pembicaraan damai antara 2 pihak terhenti sejak Israel melancarkan serangan selama 22 hari di Jalur Gaza akhir Desember 2008, yang menewaskan sedikitnya 1400 warga Palestina, sebagian besar sipil. Jubir Netanyahu, Nir Hefetz, mengatakan, proses politik akan dimulai kembali 2 bulan mendatang.


Mahmoud Abbas mengatakan, perdamaian tetap harus berlanjut, termasuk kesepakatan menghentikan pembangunan permukiman Yahudi ilegal di Tepi Barat, Palestina. Amerika telah meminta pembekuan pembangunan permukiman tsb tapi Netanyahu menolak menghentikannya.


Di hari yang sama, di tengah2 warga Palestina menjalankan puasa Ramadhan, Israel kembali melakukan serangan udara ke Jalur Gaza, dekat perbatasan selatan kota Rafah. Sedikitnya 3 warga Palestina tewas di terowongan antara Gaza dan Mesir, serta sejumlah korban lainnya terluka. Serangan berlangsung setelah terjadi tembakan roket dari Gaza ke selatan Israel hari Senin yang mencederai tentara Israel.


Setelah serangan Desember 2009 lalu, banyak infrastruktur termasuk permukiman penduduk Jalur Gaza yang hancur lebur dan belum dapat dibangun kembali. Alhasil, penduduk Gaza terpaksa berpuasa dengan kondisi seadanya, tanpa permukiman permanen. ( PR, 26/8/2009 )


hit counters
hit counter
Tagged with: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: