dari Palestina sampai Indonesia

Dewan HAM PBB akan menuntut Israel ke ICC. Mahmoud Abbas, AS & Israel menundanya ?

Posted in palestina by nurray on 07/10/2009
Mahmoud Abbas, pimpinan faksi Fatah yang pro Amerika & Israel yang mengangkat dirinya menjadi presiden Palestina, padahal pemilu Palestina yang sah memenangkan faksi Hamas. Selalu ada pengkhianat dalam penjajahan/ pendudukan sebuah negeri oleh bangsa asing.

Mahmoud Abbas, pimpinan faksi Fatah yang pro Amerika & Israel yang mengangkat dirinya menjadi presiden Palestina, padahal pemilu Palestina yang sah memenangkan faksi Hamas. Selalu ada pengkhianat dalam penjajahan/ pendudukan sebuah negeri oleh bangsa asing.

Desakan pengunduran diri terhadap presiden Palestina, Mahmoud Abbas semakin kuat. Abbas didesak mundur karena dituduh telah mendukung penundaan pemungutan suara PBB bagi penuntutan kejahatan perang terhadap Israel saat menyerang Gaza. Seorang anggota senior Hamas, Mahmoud al-Zahar, Selasa ( 6/10/2009 ) mengatakan, Mahmoud Abbas bersalah melakukan “kejahatan yang sangat besar terhadap rakyat Palestina.” Abbas mendorong para pemimpin militer Israel melancarkan serangan ke Jalur Gaza untuk membunuh Hamas dan orang2 tak berdosa yang memilih Hamas, dengan menunda laporan sangat penting mengenai Israel melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan. Abbas harus mengundurkan dan mencari pengadilan yang adil, tutur al-Zahar.

Ratusan warga Palestina di kota Ramallah, Tepi Barat, menggelar aksi protes terhadap putusan pemerintah Palestina yang mendukung penundaan pengambilan suara di PBB atas kejahatan itu. Padahal, laporan temuan kejahatan itu telah disahkan dan ditulis oleh Richard Goldstone, mantan hakim Afrika Selatan. Aksi unjuk rasa warga Palestina digelar Senin ( 5/10/2009 ). Mereka membawa spanduk yang bertuliskan penangguhan pengambil suara itu telah menghina darah martir dan melukai rakyat Palestina. “Keputusan pemerintah Palestina itu telah menusuk dari belakang dan melukai seluruh martir,”kata Jamal al-Jumma, seorang pengunjuk rasa.

Aksi unjuk rasa juga digelar di Yerusalem. Aktivis pro-Palestina mendesak agar Mahmoud Abbas meminta maaf.”Jika pemerintah tidak melakukan apa pun atas keputusan itu, kami memintanya mundur,”kata Muhammad Jaddalah, pimpinan koalisi bagi Yerusalem. Seruan mundur juga didesakkan kelompok masyarakat Palestina di Eropa. Dalam pernyataannya, kelompok itu mengatakan, langkah penangguhan laporan yang telah disahkan itu, lebih membahayakan daripada kejahatan pendudukan Israel di Jalur Gaza.

Adopsi laporan 49 anggota Dewan Hak Asasi Manusia PBB itu kunci untuk menuntut pemimpin Israel dan para pejuang Hamas atas tindakan kejahatan perang ke Pengadilan Kriminal Internasional ( ICC ). Namun, Abbas menyanggah telah menangguhkan pengambilan suara atas laporan Goldstone itu. Dalam laporan setebal 575 halam itu disebutkan, baik militer Israel maupun para pejuang Palestina telah melakukan kejahatan perang selama Israel melancarkan serangan ke Jalur Gaza, Desember-Januari lalu. Akan tetapi yang lebih parah adalah militer Israel yang telah meneror dan melancarkan serangan dengan sasaran warga sipil Palestina di Jalur Gaza.

Dewan HAM PBB, Jumat pekan lalu, menangguhkan laporan pengaduan itu hingga Maret 2010 sesuai resolusi atas permintaan pemerintah Palestina. Kecaman dan kritikan kemudian muncul terhadap pemerintah Palestina. Disebutkan, Abbas telah tunduk terhadap tekanan Amerika Serikat ( AS ) atas resolusi itu. Namun, Abbas tak menghiraukan kecaman dan protes tsb ( Al-Jazeera/ PR, 7/10/2009 )


free html visitor counters
hit counter
Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: