dari Palestina sampai Indonesia

48 tewas dalam serangan bom bunuh diri. Nyawa petinggi Garda Revolusi Iran diincar AS & Inggris.

Posted in Iran by nurray on 21/10/2009

Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad, Senin ( 19/10/2009 ), menuding agen Pakistan terlibat dalam serangan bom bunuh diri di wilayah tenggara Sistan Baluchistan, Iran, yang menargetkan kalangan elite Garda Revolusi. Serangan bom bunuh diri yang terjadi pada hari Minggu ( 18/10/2009 ) itu telah menewaskan sedikitnya 6 panglima Garda Revolusi dan lebih dari 42 orang lainnya. Selain menuding Pakistan, petinggi Garda Revolusi juga menyatakan keterlibatan Amerika Serikat dan Inggris dalam insiden itu.

Pemimpin tertinggi Iran, Ali Khamenei dengan para komandan Garda Revolusi.

Pemimpin tertinggi Iran, Ali Khamenei dengan para komandan Garda Revolusi.

Presiden Ahmadinejad meminta Pakistan untuk segera menangkap dan menahan para pelaku penyerangan. Juru bicara Pakistan mengutuk serangan tsb. Pakistan menuding kelompok perlawanan Sunni, Jundullah, sebagai dalang serangan yang menewaskan para komandan Garda Revolusi itu. Jubir menlu Abdul Basit, membantah tudingan Iran yang menyatakan bahwa pemimpin Jundullah berada di Pakistan.

Menurut media pemerintah, satu atau lebih pelaku bom bunuh diri menargetkan para petinggi Garda Revolusi yang tengah mengatur pertemuan dengan para pemimpin suku di wilayah Pisheen yang berdekatan dengan perbatasan Pakistan. Laporan menyatakan, pelaku bom bunuh diri meledakkan sabuk yang dipenuhi bahan peledak sesaat setelah pertemuan dimulai. Ahmadinejad menunjuk Pakistan sebagai negara yang bertanggungjawab.”Kami diinformasikan bahwa beberapa agen keamanan di Pakistan bekerja sama dengan unsur2 penting lainnya untuk melakukan insiden terorisme ini. Kami menganggap adalah hak kita untuk meminta para pelaku serangan. Kami meminta pemerintah Pakistan tidak menunda lebih lama lagi untuk menangkap para pelaku penting yang bertanggungjawab dalam serangan teroris ini,” ujar Ahmadinejad.

Mahmoud Ahmadinejad, pemimpin dari dunia Islam yang vokal menghadapi  kepongahan AS, Israel & Uni Eropa. Hanya Allah Swt, yang ditakuti pria sederhana ini.

Mahmoud Ahmadinejad, pemimpin dari dunia Islam yang vokal menghadapi kepongahan AS, Israel & Uni Eropa. Hanya Allah Swt, yg ditakuti pria sederhana ini.

Menteri Luar Negeri Iran, seperti dikutip kantor berita Isna, juga menyatakan protes karena pemerintah Pakistan telah membiarkan wilayah mereka dijadikan tempat berlindung bagi para teroris dan pemberontak yang melakukan perlawanan terhadap Republik Islam Iran. Pejabat tinggi Garda juga menyatakan janjinya untuk mengirimkan respon atau balasan penghancuran terhadap para pelaku serangan. Deputi komandan angkatan darat Garda Jenderal Noor Ali Shooshtari dan kepala Garda provinsi Rajab Ali Mohammadzadeh, seperti dikutip kantor berita BBC, menyatakan sekitar 6 komandan Garda Revolusi tewas dalan serangan itu dan puluhan komandan lainnya terluka. Sementara laporan dari kantor berita AFP menyatakan 7 komandan Garda yang tewas. Menurut kantor berita resmi Iran, IRNA, sejumlah anggota pasukan Garda Revolusi serta kepala suku lokal juga tewas.”Ini adalah aksi terorisme yang telah menewaskan sejumlah pejabat tinggi dan komandan dari Garda Revolusi Iran.”

Serangan itu terjadi sekitar pukul 8.00 pagi di depan salah satu gedung olah raga lokal, ketika satuan dari Garda Revolusi mempersiapkan sebuah pertemuan dengan para pemimpin lokal Syiah dan komunitas Sunni. Menurut saluran televisi pemerintah Iran yang berbahasa Inggris, Press TV, terdapat 2 ledakan secara beruntun. Satu ledakan di tempat pertemuan dan satu lagi dengan sasaran konvoi pasukan Garda Revolusi saat sedang menuju ke gedung pertemuan itu. Juru bicara parlemen Iran, Ali Larijani mengkonfirmasikan para pejabat yang meninggal itu ke parlemen.”Tujuan dari aksi terorisme ini adalah untuk mengganggu keamanan di provinsi Sistan-Baluchistan. Hal ini menunjukkan mereka tidak menginginkan kemajuan ekonomi di kawasan. Tentu saja Garda Revolusi akan bertindak untuk menstabilkan keamanan di kawasan itu.”

Sistan Baluchistan merupakan wilayah yang dihuni oleh kelompok etnik Baluchi, yang merupakan kelompok minoritas muslim Sunni di bawah kekuasaan pemerintah Iran yang dikuasai kelompok Syiah. Kelompok Jundullah sebelumnya dituding Iran telah meneror provinsi yang terletak di perbatasan Iran dengan Pakistan serta Afganistan, itu. Provinsi tsb telah lama menjadi sarang aktivitas penyelundupan, perdagangan, narkoba, kebanditan, dan penculikan. Jundullah yang dikenal dengan nama Pergerakan Perlawanan Populer Iran ( Popular Resistance Movement of Iran ) mengatakan, mereka akan berjuang melawan politik dan penindasan agama di negara yang kaum Sunni-nya menjadi minoritas. Media lokal menyatakan, para pejabat setempat menuding Jundullah yang bertanggungjawab atas serangan bom Minggu ( 18/10/2009 ). Namun demikian, sejauh ini belum terdengar pengakuan langsung dari kelompok Jundallah. ( BBC/AFP/AP/PR, 19-20/10/2009 )

Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: