dari Palestina sampai Indonesia

155 tewas dalam ledakan 2 bom mobil di Baghdad.

Posted in irak by nurray on 28/10/2009

Irak

Irak masih diguncang bom. Mungkinkah setelah pemerintahan baru terbentuk medio 2010, kekacauan akan mereda ? Atau justru ekskalasi kekerasan meningkat. Ada yang tahu masa depan negeri 1001 malam ini ?


2 bom mobil bunuh diri mengguncang kantor kementerian kehakiman dan pemerintah kota di Baghdad, Minggu ( 25/10/2009 ). Sedikitnya 64 tewas, 600 lainnya terluka. Insiden tsb telah memicu kerusuhan di ibukota Irak yang masih dilanda pemberontakan kelompok milisi. Pihak berwenang menutup jalan2 menuju lokasi ledakan yang dipenuhi mayat dan potongan tubuh yang terbakar. Mobil ambulans dan pemadam kebakaran harus bekerja keras melewati jalan yang sempit untuk memadamkan kebakaran di gedung dan mencari korban yang tewas dan luka.

Ledakan bom hanya berselang beberapa menit. Ledakan pertama terjadi sekitar pukul 10.30 menghancurkan belasan mobil dan merusakkan pipa saluran air. Sejumlah helikopter berputar-putar di udara mengelilingi lokasi ledakan. Belasan kendaraan humvee berjajar di sekitar jalan dekat tempat kejadian. Kuatnya ledakan ini mengingatkan orang atas pengeboman dengan truk yang terjadi di ibukota pada bulan Agustus lalu. Ledakan menewaskan hampir seratus orang dan menghancurkan gedung2 serta sempat memutuskan aliran listrik. Menurut sejumlah saksi mata, satu ledakan terjadi di persimpangan jalan yang dipenuhi orang di dekat kantor kementerian kehakiman dan buruh. Saat itu, mobil yang berada di tengah jalan tiba2 meledak sangat keras.

Serangan bom kedua terjadi dekat Sahhiyeh, di luar gedung gubernur di Baghdad. Asap tebal mengepul dari 2 bangunan yang terbakar di pusat kota, dekat stasiun gedung televisi pemerintah. Kaca jendela gedung2 di sekitar lokasi ledakan hancur. Petugas pemadam kebakaran menggunakan tangga berjuang mencapai lantai atas kantor kementerian hukum, kuatir masih banyak korban tewas dan luka terperangkap bangunan.

“Kenapa mereka melakukan hal ini kepada kami ?”, teriak Mohammed yang tinggal di Salhiyeh.”Ini mungkin karena akan digelar pemilu. Mereka ingin menentang pemerintahan.” Insiden ledakan terjadi ketika para pemimpin Irak bertemu untuk mengakhiri kebuntuan terkait aturan pemilu. Pertemuan berlangsung di tengah meningkatnya kekuatiran pemilu 16 Januari 2010 akan mundur. Sebelum ledakan, Letjen Ali Ghaidan telah memperingatkan bahwa dalam beberapa bulan ke depan aksi kekerasan mungkin akan meningkat. Keamanan baru stabil pertengahan tahun 2010, setelah kekuasaan berpindah ke pemerintahan yang baru. ( AFP/AP/PR, 26/10/2009 )

ISI menghancurkan Kementerian Kehakiman dan Pemerintahan Provinsi Baghdad.

Pejuang Irak

Pejuang Irak, siap mempertahankan kehormatan bangsa sampai titik darah penghabisan.

Kelompok di bawah payung Al-Qaeda di Irak, Negara Islam Irak ( Islamic State of Iraq/ ISI ), Selasa ( 27/10/2009 ) mengaku bertanggungjawab atas serangan bom kembar di jantung kota Baghdad yang menewaskan sedikitnya 155 orang, termasuk 24 anak2 yang terjebak dalam bus dari arah pusat penitipan anak. Dalam pernyataan yang dikirimkan melalui internet, kelompok itu mengatakan,”Martir tsb … menargetkan sarang kekafiran.” Bom mobil yang dahsyat menjadi ciri khas serangan Al-Qaeda dan Sunni yang mencoba menggulingkan pemerintahan dominasi syiah. Serangan pada Minggu ( 25/10/2009 ) di ibukota itu telah menghancurkan Kementerian Kehakiman dan Pemerintahan Provinsi Baghdad. Serangan itu merupakan yang terburuk dalam 2 tahun terakhir. Irak saat ini mencoba melindungi dan mempertahankan negaranya sendiri, setelah pasukan AS setahap demi setahap ditarik kembali. ( AP/PR, 28/10/2009 )

Tagged with:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: