dari Palestina sampai Indonesia

80.000 orang, 6 km, 515 organisasi, 67 negara mendemo konferensi iklim di Denmark. SBY co-chairman.

Posted in Eropa, indonesia, internasional by nurray on 17/12/2009

Banjir makin sering terjadi, sementara di belahan bumi yang lain kering kerontang. Akibat keserakahan manusia, bumi marah. Emisi karbon pun, negara maju ogah membiayai pengurangannya. Lalu ?

Polisi menangkap sedikitnya 40 orang dalam aksi protes pertama, selama 2 pekan konferensi iklim di Kopenhagen, Denmark, Jumat ( 11/12/2009 ). Aksi protes terjadi ketika para juru runding mempersiapkan kesepakatan akhir mengendalikan efek gas rumah kaca di dunia. Sejumlah orang asing ditangkap. Ratusan orang berkumpul di pusat kota, tempat para CEO perusahaan menggelar pertemuan untuk mendiskusikan peran pebisnis mengatasi persoalan pemanasan global yang kian memburuk. Konferensi dimulai Senin ( 7/12/2009 ).

Berdasarkan hukum di Denmark, pihak berwenang bisa menahan orang selama 12 jam tanpa dakwaan sebelumnya. Mereka yang ditangkap, bagian dari kelompok pengunjuk rasa anti kapitalis yang berjumlah 250 orang, yang menyerukan “Iklim kami bukan bisnis anda”. Unjuk rasa digelar di berbagai lokasi di seluruh kota, menyerukan bahwa industri telah mengubah krisis iklim menjadi peluang bisnis. Para pengunjuk rasa dipecah menjadi keompok2 kecil, menabuh drum, dan meneriakkan “Berpikir tentang bisnis kalian. Ini adalah iklim kita !”

Juru bicara kepolisian, Henrik Moeller Nielsen mengatakan, penangkapan dilakukan untuk mencegah adanya kerusuhan. Tidak ada tindak kekerasan atau bentrokan yang terjadi dalam aksi protes tsb. Selain aksi tsb, ancaman akan adanya aksi lebih besar tengah dihadapi kepolisian Denmark. Kemungkinan melibatkan puluhan ribu orang, dikhawatirkan berubah kerusuhan. Polisi meyebar aparat keamanan, termasuk perbatasan, mencegah para pembuat onar masuk ke Denmark. “Kami mengatur kembali peraturan perbatasan sejak beberapa hari lalu, dan akan memulangkan orang2 yang diduga sengaja datang ke Kopenhagen untuk mengganggu perdamaian dan konferensi,”kata Flemming Steen Munch, jubir kepolisian Kopenhagen.

Kelompok keras sayap kiri melalui situs internet, mengancam akan bergabung menggelar protes dalam negosiasi perubahan iklim, yang tak berfokus pada negara2 kecil dan miskin, yang mendapat ancaman paling besar akibat pemanasan global. Bahkan, mungkin ada negara yang kehilangan wilayahnya karena meningginya permukaan laut.

Para pengunjuk rasa akan terus bertambah antara 40.000 hingga 80.000 orang. Barisan massa sepanjang 6 kilometer yang digagas 515 organisasi dari 67 negara akan berangkat dari Istana Christiansborg, di mana parlemen berada. Mereka menyeberangi pusat kota, dan berakhir di Bella Center, tempat konferensi perubahan iklim dilaksanakan.”Harapan dan tujuan kami, demonstrasi besar ini akan berlangsung damai, meriah, dan tanpa kekerasan,”kata Munch.

Salah satu masalah sulit di konferensi, adalah perpecahan antara Amerika Serikat ( AS ) dan Cina, mengenai bagaimana janji nasional mereka mengontrol emisi karbon, dapat dipantau semua negara, dan dapat memastikan janji-janjinya terus menerus. Konferensi juga mengalami perdebatan, tentang pendanaan yang bisa mencapai 150 milyar USD dalam setahun, untuk membantu negara berkembang mengatasi pemanasan global, termasuk permukaan air yang meninggi, banjir dan pertanian yang hancur. ( AFP/AP/PR, 12/12/2009 )

Tagged with: ,

2 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. alfarolamablawa said, on 17/12/2009 at 23:14

    wah wah wah mencintai alam kenapa harus ada aksi kekerasan…
    salam kenal

  2. nurray said, on 23/12/2009 at 16:21

    @ alfarolamablawa :
    Soalnya negara2 maju masih enggan mengurangi tingkat emisi karbonnya. Padahal dengan kenaikan suhu sekarang ( 2 sampai 4,5 derajat celsius ) kutub es sudah mencair sangat hebat. Jika tidak dihentikan banyak pulau akan tenggelam. Indonesia akan kehilangan 2000 pulaunya. Negara2 kecil di dataran rendah akan kehilangan wilayahnya. Beruang kutub, paus bungkuk dan banyak spesies flora fauna akan punah tahun 2030. Jadi para penguasa harus disentak lebih keras agar segera bertindak. Kenaikan suhu harus dikurangi hingga maksimal 2 derajat celsius saja.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: